Liputan Khusus : Di Masjid Nabawi Jamaah WAW Berkesempatan Ziarah di Makam Rasulullah dan Baqi

0
163

Penasatu.com, Madinah – Setelah selesai  menjalankan sholat subuh berjamaah di Masjid Nabawi, hari ini (Minggu, 16/2/20) rombongan umroh WAW berkesempatan untuk berziarah di makam Rasulullah Nabi Muhammad SAW dan Sahabatnya.

Makam Rasulullah yang juga masih terletak didalam kawasan Masjid Nabawi (Kubah Hijau) ini selalu mendapat perhatian khusus bagi umat muslim yang datang di kota Madinah. Karena selain Rasulullah juga ada 2 sahabat yang dimakamkan bersebelahan dengan Beliau, yaitu Abu Bakar Sidiq dan Umar Bin Khattab.

Makam Rasululloh Muhammad SAW dan Sahabat di masjid Nabawi

Seperti terlihat sebelum melewati makam Nabi Muhammad SAW dan sahabatnya ratusan jamaah ngantri menyempatkan diri agar bisa menunaikan sholat shunnah. Karena ini satu tempat yang paling dianjurkan untuk diziarahi dan tempat dimana terkabulnya doa-doa adalah Raudhah. Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam (SAW) pernah bersabda, “Di antara rumahku dan mimbarku adalah taman-taman surga dan mimbarku berada di atas telagaku.” (Muttafaq Alaihi).

Raudhah merupakan tempat berdoa paling mustazab yang ada di Masjid Nabawi yang terletak di kota Madinah. Sebagaimana Masjidil Haram, Masjid Nabawi memiliki keutamaan yaitu melipatgandakan ganjaran shalat bagi mereka yang shalat di dalamnya. “Shalat di masjidku ini (Masjid Nabawi) lebih baik daripada 1000 shalat di tempat lain, kecuali di Masjidil Haram.” (HR. Muslim).

Masjid Nabawi adalah salah satu dari Masjid terbesar di dunia setelah Masjidil Haram di Makkah Al Mukaromah.

Ratusan ribu orang memenuhi masjid Nabawi pada setiap Sholat lima waktu, ini terlihat dengan penuhnya masjid yang mempunyai daya tampung sekitar 1,8 juta jamah ini.

Kemudian dilanjutkan mengunjungi Jannatul Baqi’ yang merupakan pemakaman utama yang terletak di Madinah, Arab Saudi. Pemakaman ini menjadi salah satu pemakaman termasyur dalam sejarah Islam, mengingat banyak orang dekat Nabi Muhammad SAW dimakamkan di tempat ini.

Di sini, Jannatul Baqi’ terdapat sekitar 10 ribu orang keluarga dan sahabat Nabi, sehingga pemakaman ini sangat dimuliakan. 

Jannatul Baqi’ berada bersebrangan dengan kawasan Kubah Hijau (Makam Rasulullah ) dikawasan Masjid Nabawi, dan selalu dikunjungi ribuan umat muslim bila datang di Kota Madinah ini. Dan tempat ini berjarak hanya sekitar 300 meter dari tempat menginap para jamaah WAW di Kota Haram Madinah.*

Penulis : Eddy BPN

Editor : EDS/penasatu.com




LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here