Dialog Warga: Optimalisasi Peran Aktif Masyarakat dalam Penanggulangan Bencana

0
30
Balikpapan, penasaru.com – DPRD Kota Balikpapan kembali menggelar program Dialog Warga yang kali ini diadakan di daerah pemilihan Balikpapan Tengah, dengan salah satu anggota DPRD, Wiranata Oey dari fraksi PDI Perjuangan, sebagai tuan rumah. Acara ini berlangsung pada Jumat malam dan dihadiri oleh berbagai pihak seperti Sekcam Balikpapan Tengah, Kabid BPBD Kota Balikpapan, Lurah Sumber Rejo, Bhabinkamtibmas, serta Ketua RT 44 dan Ketua RT 57 Sumber Rejo, beserta puluhan warga.

Acara ini mengusung tema “Optimalisasi Peran Aktif Masyarakat Dalam Penanggulangan Bencana.” Salah satu warga RT 57, Heri, mengeluhkan Bendali (bendungan pengendali) yang tidak berfungsi karena penuh dengan sedimen pasir dan lumpur, yang menyebabkan daerah sekitar sering mengalami genangan air.

“Mungkin daerah sini sudah beberapa kali genangan air, karena saluran air ke Bendali yang di atas sana dekat Pengembang kayaknya tidak berfungsi. Kemungkinan di sebelahnya mau dibangun perumahan. Dan apalagi sekarang air yang masuk ke Bendali tercampur dengan pasir,” ujar Heri. Ia berharap agar pihak Kecamatan dan Kelurahan Sumber Rejo meninjau Bendali tersebut.

Seorang warga lainnya, Iskandar, menyampaikan kebutuhan mendesak terkait perlengkapan Kampung Tangguh Bencana (Katana), khususnya sepatu untuk digunakan saat turun ke lapangan.

“Yang paling mendesak adalah sepatu. Kalau kita turun ke lapangan tidak ada sepatu, seperti kebakaran kita tidak bisa bergerak memberikan bantuan, karena tidak punya sepatu,” katanya.

Menanggapi keluhan tersebut, Wiranata Oey menyarankan agar masyarakat bergotong-royong dan pemerintah proaktif dalam memperbaiki saluran air untuk mengatasi genangan. Ia juga menyatakan bahwa Lurah akan meninjau lokasi tersebut.

“Solusinya warga masyarakat bergotong-royong dan pemerintah harus proaktif mengambil alih untuk memperbaiki saluran airnya. Karena ada pematangan lahan yang nantinya Pak Lurah akan meninjau. Baru tahu juga malam ini dari Mas Heri,” kata Wiranata Oey.

Terkait permintaan Iskandar, Wiranata Oey menjelaskan bahwa Katana adalah program Pemerintah Kota Balikpapan melalui BPBD untuk penanggulangan risiko bencana, dan seluruh kelurahan sudah membentuk Katana.

“Katana diaktifkan untuk membantu bila ada bencana di wilayahnya masing-masing dan pembinanya Lurah setempat. Terkait usulan sepatu, nanti Pak Lurah yang akan menyampaikan ke Pak Camat,” jelasnya.

Wiranata Oey berkomitmen untuk terus membantu mencarikan solusi atas permasalahan yang dihadapi warga selama dirinya masih menjabat sebagai anggota DPRD Kota Balikpapan.(Ato)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here