Sekwan Bangga, Balikpapan Kini Miliki SAUM Bus City Trans

0
49

Foto: Saum Bus City Trans yang beroperasi di Balikpapan.

Balikpapan, penasatu.com – Setelah diresmikannya pengoperasian 17 Unit armada Bus Sarana Angkutan Umum Massal (SAUM) oleh Wali Kota Balikpapan, H. Rahmad Mas’ud bersama Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Irjen Pol. Risyapudin Nursin, pada Senin (1/7/2024), akan menambah kelengkapan sarana Transportasi di Kota Balikpapan.

Foto: Sekretaris Dewan (Sekwan) Balikpapan, Arfiansyah.

Dengan tampilan elok dan elegannya, model Bus SAUM atau Balikpapan City Trans yang akan memenuhi rute-rute tujuan masyarakat Balikpapan pun dinilai mampu memuat 30 penumpang.

Ya, kehadiran belasan bus itu pun dikagumi oleh Sekretaris Dewan (Sekwan) Balikpapan, Arfiansyah. Bahkan, mantan Kadisperkim ini pun mengaku bangga, bahwa Balikpapan saat ini sudah menjadi Kota yang maju dengan memiliki Transportasi massal indah tersebut.

“Saya dari dulu sih berharap supaya kita tidak perlu lagi bangga dengan naik mobil pribadi saat pergi ke kantor, bandara, pelabuhan atau lainnya. Tapi kita harus bangga dengan menggunakan bus sarana umum massal,” ucap Arfiansyah saat menyaksikan langsung penyerahan bus yang dilaksanakan di halaman kantor Balai Kota Balikpapan.

Sebenarnya, Arfi sapaan karibnya, menginginkan Bus SAUM atau Balikpapan City Trans tersebut sudah ada sejak 10 tahun yang lalu. Apalagi, Daerah lain sudah ramai menggunakannya.

Nah menurutnya, Balikpapan sebagai Kota yang maju, mestinya sudah lebih dulu mengoperasikan armada-armada itu.

“Tiba saatnya nanti Kota maju akan berdampak kemacetan. Seperti yang disampaikan Pak Wali bahwa permasalahan kota nanti yaitu macet. Ini momennya tepat, karena untuk menghindari itu kita harus mulai berbenah, beralih dari transportasi pribadi ke angkutan umum massal,” terangnya.

Disampaikannya, momentum itu sangat tepat dengan menjelangnya perpindahan Ibu Kota Nusantara (IKN), di mana Balikpapan sebagai penyangganya. Kendati demikian, ia juga mengharapkan supaya Bus Balikpapan City Trans ini akan bertambah banyak jalur koridornya.

“Tentu kita harus mulai menyarankan masyarakat perkotaan menggunakan sarana angkutan umum massal, seperti Balikpapan City Trans yang hari ini dilaunching,” harapnya.

“Kita berharap semua masyarakat bisa menggunakan sarana umum angkutan massal ini,” sambungnya.

Di tempat serupa, Siswi SMPN 14 Balikpapan, Adela Fariza yang mencicipi uji coba pengoperasian Bus Balikpapan City Trans mengaku merasakan kenyamanan saat berada duduk di kursi penumpang.

“Seru sih, kayak pertama kali naik, tapi sayang cuman mutar-mutar saja. Di dalam tadi enak, terus ber-AC dingin dan bisa duduk dengan tenang tanpa dirasakan guncangan getaran dan tidak mual,” aku Adela.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here