KPU: Pemilih Pemula Jangan Golput

0
96

PENASATU.COM, BALIKPAPAN – Jajaran SMA Negeri (SMAN) 3, Balikpapan Barat (Balbar), mendapat kunjungan dari KPU (Komisi Pemilihan Umum) Kota Balikpapan, Senin (17/2/2020).

Kunjungan ini merupakan lanjutan program Goes To School (GTS) KPU yang terus melakukan sosialisasi menjelang pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak pada September mendatang dengan menyambangi SMA maupun SMK di kota ini.

Seperti sosialisai di sekolah sebelumnya, Komisioner KPU Balikpapan Yan Fauzi Wardana bertindak sebagai pembina upacara bendera di SMAN 3.

Yan Fauzi menyampaikan saat ini KPU dalam menjalankan program GTS bekerjasama dengan 20 sekolah baik SMA dan SMK yang ada di Balikpapan dan saat ini program GTS sudah berjalan selama empat minggu dan hari ini memasuki hari terakhir tahapan sosialisasi ke sekolah.

“Tujuannya agar pemilih pemula dapat menggunakan hak pilihnya saat pilkada serentak tanggal 23 September 2020 mendatang,” katanya.

Selama kegiatan GTS berjalan, respon dari pihak sekolah dan para siswa/siswi sangat baik, mengingat pentingnya mengetahui mekanisme dan tata cara dalam penggunaan hak pilih.

Yan Fauzi juga berpesan kepada pemilih pemula, bahwa baik tidaknya seorang pemimpin yang nantinya terpilih, ditentukan dari seorang pemilih itu sendiri.

Dihadapan para siswa/siswi Yan Fauzi menjelaskan tata cara penggunaan hak pilih bagi pemilih pemula, jangan sampai pemilih pemula yang memiliki hak pilih tidak menggunakan hak pilihnya atau bisa dikatakan yang namanya Golongan Putih (Golput).

“Karena jika pemilih pemula tidak menggunakan hak pilihnya (golput), maka apa yang dilakukan KPU selama ini akan menjadi sia-sia.”

Menurut dirinya, pemilih pemula harus lebih mengenal program kerja dari calon kepala daerah, jangan memilih seorang pemimpin hanya berdasarkan kenal atau bisa juga karena faktor uang.

“Jadi sebisa mungkin bagi pemilih pemula harus menghindari yang namanya “money politic”.
Karena besarnya jumlah uang yang diberikan tidak sebanding dengan nasib ke depannya untuk Kota Balikpapan,” tegasnya.*

Wartawan: Riel Bagas
Editor: BS/Penasatu.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here