179 KK Warga Desa Golo Lewe Terima BLT-Dana Desa, Prioritas Bagi Warga, Cacat, yatim piatu dan lansia

0
42 views

Camat Kuwus Barat: Terima kasih, Ini adalah bentuk Transparansi kepala desa dalam menyalurkan Dana Desa bagi masyarakat.(foto.Ist)

Manggarai Barat, penasatu.com– Sebanyak 179 Kepala Keluarga Desa Golo Lewe, Kecamatan Kuwus Barat, Kabupaten Manggarai Barat mendapatkan dana Bantuan Langsung Tunai (BLT) sebesar Rp.300.000,- per Kepala keluarga. Pelaksanaan di Kantor Desa Golo Lewe, Kecamatan Kuwus Barat, Kabupaten Manggarai Barat,Nusa Tenggara Timur (NTT), Jumat (12/3/21).

Adapun besaran dana yang di keluarkan dari Dana Desa (DD) sebesar Rp. 53.700.000 bagi 179 KK yang diperuntukan untuk 1 bulan.

Pantauan media ini, turut hadir dalam pelaksanaan pembagian BLT antara lain, Camat Kuwus Barat, Vitus Suparji, Kapolsek Kuwus, Ipda Matheos A.D. Siok bersama anggota Polsek, Anggota Koramil 1612/ Kuwus dan Pendampingan Desa (PD), dan Pendamping Lokal Desa (PLD), Kepala Desa Golo Lewe, Alesandro Da Silva Baut, Sekretaris Desa Golo Lewe bersama perangkat dan Tokoh masyarakat penerima BLT.

Kepada media penasatu.com, Jum’at,(12/03/2021) Kepala Desa Golo Lewe, Alesandro Da Silva Baut, menjelaskan, Kegiatan hari ini adalah pembagian Bantuan Langsung Tunai (BLT) untuk 179 Kepala Keluarga (KK) untuk satu bulan. Jumlah yang diterima per KK berjumlah Rp. 300.000,-(tiga ratus ribu rupiah) untuk satu bulan. Jadi jumlah Dana Desa (DD) yang dibagikan kepada penerima pada hari ini sebesar Rp.53.700.000,-(lima puluh tiga juta tuju ratus ribu rupiah), jelas Sandro.

Selain itu lanjut sandro,yang tidak mendapatkan BLT, yang bersumber dari Dana Desa (DD), sudah mendapatkan bantuan dari, Bantuan sosial tunai (BST) Kemensos, PKH, dan Sembako Kabupaten, pungkasnya.

Dalam pelaksanaan kegiatan pembagian BLT, tetap mengikuti protokol covid-19, yang bertujuan untuk memutuskan mata rantai penyebaran Covid-19.

Untuk diketahui, pembagian Bantuan Langsung Tunai (BLT) di Desa Golo Lewe akan dibagikan selama satu tahun untuk 179 Kepala Keluarga (KK), dan hari ini hanya dibagikan untuk satu bulan,dan total yang akan yang dikeluarkan dari Dana Desa untuk satu tahun berjumlah Rp.644.400.000,-(Enam ratus empat puluh empat juta empat ratus ribu rupiah).

Kategori penerima BLT ini antara lain, Gangguan jiwa, yatim piatu, dan lansia.

Sementara itu, dalam sambutannya, Camat Kuwus Barat, Vitus Suparji mengatakan, pada kesempatan ini saya menyampaikan terimakasih kepada kepala Desa Golo Lewe yang sudah berkenan mengundang kami dalam pelaksanaan pembagian BLT. Ini merupakan bentuk transparansi dari seorang kepala Desa dalam penggunaan Dana Desa (DD). Selanjutnya kita semua yang hadir ditempat ini harus mengikuti Protokol Covid-19,yang bertujuan untuk memutuskan mata rantai penyebaran Covid-19, ungkapnya.

Selain itu, saya minta agar seluruh masyarakat di Desa Golo Lewe, harus selalu kompak bersama Pemerintah Desa dalam hal membangun Desa, tandas Vitus.

Penerima BLT, Tresia Piju (54) yang mengalami cacat mata sejak lahir, dan Memiliki dua anak tanpa ayah,dan dengan kondisi Mata rusak tetap bekerja untuk bisa bertahan hidup,Dusun Rawuk,Desa Golo Lewe, Kecamatan Kuwus Barat, menyampaikan terimakasih kepada Kepala Desa dan Pemerintah Desa, karena sudah memberikan bantuan kepada kami, kiranya Tuhan memberkati dalam tugas seluruh pemerintah Desa Golo Lewe.

Penerima BLT lainnya, Sisilia Anut (34) ibu dari febrianus Nakul (15) yang mengalami sakit tuli dan bisu Sejak lahir, alamat Dusun Daleng,Desa Golo Lewe, Kecamatan Kuwus Barat, dan
Belasius Dani, (45) ayah dari Yonasantus Jehani (23) mengalami sakit bisu dan tuli sejak lahir,alamat Dusun Daleng, Desa Golo Lewe, Kecamatan Kuwus Barat, menyampaikan terimakasih kepada pemerintah Desa Golo Lewe.

Penerima BLT lainnya juga Siprianus Deon (47) ayah dari Agustinus Dedi (12) mengalami sakit, yaitu perut membengkak dan perut bagian kiri keras,dan perna menyampaikan terimakasih kepada Pemerintah Desa karena sudah memberikan bantuan ini.

Kapolsek Kuwus Ipda Matheos A.D. Siok dalam sambutannya, menyampaikan, untuk seluruh Penerima BLT pada hari kami harus mengikuti protokol covid-19, yang bertujuan untuk memutuskan mata penularan Covid-19, dengan cara, memakai masker, mencuci tangan dengan sabun dan Menjaga jarak, ungkapnya.

Hingga selesainya kegiatan ini,pada Pukul 14.00 WITA,kegiatan berjalan lancar aman tertib dan Kondusif, tutup Kapolsek Kuwus.(*)

Reporter : Alfonsius Andi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here