Ketua DPRD: Balikpapan Hanya Karantina Parsial, Bukan Lockdown

0
131

PENASATU.COM, BALIKPAPAN – Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan, Kalimantan Timur (Kaltim) hanya akan karantina parsial saja, bukan Lockdown. Hal tersebut disampaikan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Balikpapan Abdulloh, usai memimpin Rapat yang berlangsung di Ruang Paripurna, Kamis (2/3/2020).

Melalui Badan Anggaran (Banggar ) DPRD Kota Balikpapan menggelar Rapat Koordinasi bersama Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan.

“Rapat yang kami gelar membahas Rasionalisasi APBD 2020,” jelas Abdulloh S Sos. “Kami juga membahas beberapa hal diantaranya konsep penanganan Covid-19 di Balikpapan yang sudah mewabah di masyarakat, serta rencana rasionalisasi anggaran, yang kemungkinan Dana Bagi Hasil (DBH) yang tidak akan turun,” bebernya.

Dimana pemerintah pusat sudah mengeluarkan Peraturan Presiden (PP) Nomor 21 dan 11 terkait rencana pemangkasan PPN dan PPH yang secara otomatis mempengaruhi penghasilan Nasional.

Abdulloh juga menjelaskan dalam penanganan permasalahan covid-19 pemerintah daerah baik gubernur dan walikota tidak berani melaksanakan “Lockdown” atau Karantina Wilayah baik secara parsial maupun secara utuh tidak dapat dilaksanakan, karena akan ada sanksi bagi gubernur atau pemerintah daerah yang melakukan Lockdown yakni sanksi pidana.

“Kami (DPRD) kemungkinan akan menyikapi hanya sampai karantina parsial saja, baik per kecamatan ataupun per kelurahan, bukan lockdown karena akan berkonsekuensi dengan pembiayaan masyarakat,” ucap Abdulloh.

Terkait Rasionalisasi anggaran, Abdulloh meminta kepada OPD di lingkungan Pemkot Balikpapan agar segera melakukan rasionalisasi anggaran sekaligus melakukan penundaan proyek untuk sementara waktu.

‚ÄúRasionalisasi anggaran ini juga dilakukan secara parsial, jadi tidak harus setiap OPD besaran anggaran akan dipangkas sebesar 50 persen, kalau proyek yang dilaksanakan dianggap tidak terlalu penting dan prioritas, alangkah baiknya ditunda terlebih dahulu,” pungkas politisi Partai Golkar itu.*

Wartawan : Riel Bagas

Editor : BS/penasatu.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here