Kesiapan Kodam VI/Mlw Menyongsong HUT RI Ke-79 di IKN

0
26

Balikpapan, Penasatu.com – Upacara peringatan Hari Proklamasi Republik Indonesia Ke-79 Tahun 2024 untuk pertama kalinya di rencanakan di Ibu Kota Nusantara yang merupakan Ibu Kota Negara Republik lndonesia yang baru.

Berbagai kesiapan baik sarana maupun prasarana terus dikejar pengerjaannya guna menyambut Hari Ulang Tahun Negara Indonesia ini, tak terkecuali Kodam VI/Mulawarman selaku Komando Utama Kewilayahan yang merupakan satuan TNI yang mencakup wilayah Ibu Kota Nusantara akan menyiapkan personel guna mendukung terselenggaranya kegiatan kenegaraan tersebut.

Kapendam VI/Mulawarman Kolonel Kav Kristiyanto di tempat terpisah menuturkan bahwa Pangdam VI/Mlw selaku Dansatgaspamwil di bawah kendali Pangkogabwilhan II selaku Pangkogasgabpad akan melaksanakan pengamanan VVIP oleh pasukan dari satuan jajaran Kodam VI/Mulawarman didukung anggota Polda Kaltim, Kesbangpol, Satpol PP dan BNPT pada pelaksanaan nantinya.

“Tidak menutup kemungkinan, personel Kodam VI/Mlw akan berkolaborasi dengan personel dari Kodam-Kodam lain untuk melaksanakan pengamanan VVIP nantinya,”ungkap Kepala Penerangan Kodam VI/Mlw tersebut.

Selain itu, Kasdam VI/Mulawarman, Brigjen TNI Bayu Permana, yang ditunjuk selaku Koordinator Pelaksanaan Upacara sedang melakukan koordinasi-koordinasi dengan Mabes TNI, Mabes TNI Angkatan dan satuan jajaran TNI di wilayah Kodam VI/Mulawarman guna melakukan penyiapan-penyiapan terkait Pasukan Protokol (Pasprot), Pelatihan Tim Paskibraka, kegiatan AKRS (Apel Kehormatan Renungan Suci), kirab Bendera Pusaka dan Teks Proklamasi ke IKN, Pasukan Konvoi, Upacara Penganugerahan Gelar Tanda Kehormatan, Pengukuhan Paskibraka, Detik-Detik Pengibaran dan Penurunan Sang Merah Putih, Tembakan Kehormatan (Bakhor) dan disposisi serta komposisi personel dan materiil yang terlibat Upacara HUT RI Ke-79 di IKN.

Perlu diketahui bahwa TNI Angkatan Darat pada tanggal 18 April 2024 telah melaksanakan seleksi di Markas Besar Angkatan Darat dan yang lulus seleksi akan melaksanakan seleksi lagi pada tanggal 22 – 26 April 2024 pada tingkat pusat untuk ditunjuk sebagai Komandan Upacara, Komandan Kompi Paskibraka dan Master of Ceremony (MC), dan akan diumumkan pada tanggal 30 April 2024.

Dan pada tanggal 22 April 2024 lalu terdapat kegiatan pengawalan munisi hampa 105 mm yang akan digunakan untuk kegiatan Tembakan Kehormatan saat pelaksanaan detik-detik proklamasi dari Pelabuhan Tanjung Priuk menuju Pelabuhan Semayang.

Pada tanggal 22 Juli hingga 31 Juli 2024 akan dilaksanakan latihan Paskibraka yang berada di Kota Cibubur dan akan memulai latihan di Ibu Kota Negara Nusantara pada tanggal 10 hingga 16 Agustus 2024.

Sementara di Tingkat Mabes TNI, saat ini Staf Operasi terus melaksanakan rapat-rapat koordinasi dengan satuan jajaran TNI terkait rencana pergeseran pasukan peserta upacara dan alutsista dari Jakarta menuju IKN.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here