Besar Peminat Satpol PP Kota Balikpapan

0
509
foto. Zulkifli, Kepala Satpol PP Kota Balikpapan.

Penasatu.com, Balikpapan – Peminat Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Balikpapan ternyata cukup besar. Sejak terbukanya lowongan, ada 300 orang yang mengajukan lamaran.

“Untuk saat ini sudah memasuki tahap pengalokasian dari sebanyak 300 orang lebih total keseluruhan yang melamar dan sampai saat ini hanya dialokasikan sebanyak 50 orang,” kata kepala Satpol PP Kota Balikpapan Zulkifli di ruang kerjanya, Selasa (13/8).

Zulkifli menguraikan, 50 orang tersebut akan dibagi 35 orang anggota putra dan 15 putri atau satu regu.

Dari jumlah tersebut merupakan jumlah dimana mereka yang sudah melewati beberapa tahapan penyeleksian berupa Administrasi, Kesamaptaan, Wawancara, dan saati ini hanya menunggu hasil tahapan Psikotes.

Zulkifli juga menjelaskan, adanya perekrutan anggota Satpol PP berjenis kelamin perempuan yang berjumlah 15 orang (satu regu) sesuai ketentuan yang ada. Nantinya akan ditugaskan di tempat-tempat yang memerlukan penanganan khusus perempuan, seperti di pasar-pasar, mengingat pedagang di pasar hampir semuanya merupakan ibu-ibu.

“Jadi kehadiran anggota Satpol PP perempuan merupakan mengubah paradigma kedepan agar lebih humanis,” tegasnya.

Dijelaskan lagi bahwa dengan jumlah penduduk Kota Balikpapan yang saat ini mencapai 700 ribu jiwa serta dengan luas wilayah yang ada, kebutuhan anggota Satpol PP idealnya berjumlah 351 orang anggota, sedangkan jumlah anggota Satpol PP yang ada saat ini hanya 177 orang angota, jadi jauh dari angka yang seharusnya dibutuhkan, dengan kebutuhan tersebut nantinya akan melakukan perekrutan anggota baru secara bertahap, dan ketentuan seharusnya anggota Satpol PP harus PNS/ASN, anggota Satpol PP yang baru untuk saat ini statusnya Tenaga Bantu (Naban), kedepan apakah nanti akan diproyeksikan untuk mengikuti program Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K).*

Wartawan: Riel Bagas
Editor: BS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here