Pembangunan RS di Wilayah Timur Balikpapan oleh Pemkot di Apresiasi Dewan

0
199
Foto. Nurhadi

Penasatu.com, Balikpapan – Minimnya fasilitas kesehatan seperti Rumah Sakit (RS) di Kota Balikpapan menjadi perhatian serius di masyarakat, mengingat keberadaan RS yang ada di kota ini masih terpusat di tengah kota, seperti RS Kanudjoso Djatiwibowo di Ring Road, Balikpapan Utara dan RS Gunung Malang di Balikpapan Kota dimana keberadaannya pun saat ini sangat sulit di jangkau bagi sebagian warga yang bermukim di kawasan Balikpapan Timur, maka dari itu kedepan Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) berencana membangun RS di kawasan Balikpapan Timur.

Adanya rencana pembangunan tersebut sempat disinggung oleh salah satu politisi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Nurhadi Saputra yang juga anggota Komisi IV DPRD Kota Balikpapan saat menyampaikan pemandangan umun fraksi fraksi tentang Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) APBD Perubahan 2019 beberapa waktu lalu.

Menurut Nurhadi, rencana pembangunan rumah sakit tersebut saat ini masih dalam kajian awal dan saat ini juga masih terkendala dengan Rencana Strategi (Renstra) mengingat dalam renstra tersebut terikat dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD).

“Pembangunan RS di kawasan timur tersebut diperkirakan akan menggunakan anggaran yang tidak sedikit, itupun jika dibangun kemungkinan bisa menjadi pembangunan yang menggunakan dua kali anggaran (multiyers), gak bisa menggunakan untuk satu kali anggaran dalam proses pembangunan rumah sakit tersebut,” ujarnya.

Selama ini memang, warga masyarakat di Balikpapan Timur jika menderita sakit hanya berobat di Puskesmas yang ada. Sehingga, warga setempat sangat merindukan kehadiran sebuah RS di wilayah timur kota minyak ini.

Wartawan: Riel Bagas
Editor: BS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here