KPU Segera Siapkan Petugas Pelipat Kertas Suara

0
3 views

Sekretaris KPU Balikpapan Syabrani

PENASATU.COM, BALIKPAPAN –
Usai melaksanakan Debat Pendalaman Visi dan Misi bagi Pasangan Calon (Paslon) Wali Kota dan Wakil Wali Kota Balikpapan beberapa waktu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Balikpapan kini disibukan dengan persiapan logistik dalam pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak, 9 Desember mendatang.

“KPU juga nantinya akan menyiapkan petugas yang bertugas untuk melipat kertas suara yang ada,” jelas Sekretaris KPU Balikpapan Syabrani kepada awak media ini saat di ruang kerjanya, Jln Jenderal Sudirman, Balikpapan Kota (Balkot), Senin (16/11/2020).

Menurut Syabrani atau yang karib disapa Alex, untuk logistik seperti kertas suara KPU akan menyiapkan sebanyak 450 ribu lembar. “Kami sudah hitung-hitung untuk kebutuhan petugas yang nantinya bertugas untuk melipat kertas suara,” lanjut dia.

“Kemungkinan dari jumlah kertas suara yang hanya 450 ribu lembar, kami perkirakan hanya membutuhkan 50 orang dan paling banyak 75 orang yang bertugas melipat suara.”

Jika KPU memperbanyak tenaga penyortir hingga 100 orang, 2 atau 3 hari akan selesai, namun honor pendapatan para akan sedikit.

Berbeda pada saat pelaksanaan Pilpres tahun 2019 lalu, yang mana terdapat 5 macam kertas suara yang harus dilipat, hingga membutuhkan banyak tenaga petugas untuk melipatnya.

“Pilkada kali ini kan calonnya hanya satu, dan melipat kertas suaranya pun sangat sederhana, tinggal melipat beberapa kali dan selesai,” urai Alex.*

Wartawan : Riel Bagas
Editor : Penasatu.com/HTBS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here