FPK Kecamatan Long Iran Resmi Terbentuk, Camat: Wadah Komunikasi, Informasi dan Konsultasi Masyarakat

0
14 views

foto, istimewa

SENDAWAR, Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) di Kecamatan Long Iram resmi dibentuk sebagai upaya antisipasi adanya ancaman terhadap plurarisme, persoalan sosial, keamanan dan ketertiban serta meningkatkan pembauran kebangsaan di masyarakat. Terbentuknya FPK ini diapresiasi dan didukung oleh Kapolsek dan Danramil wilayah Kecamatan Long Iram.  Kamis (14/10).

Camat Long Iram Burhan menjelaskan bahwa tujuan terbentuknya FPK ini, sebagai wadah informasi, Komunikasi, Konsultasi, dan kerjasama antar warga masyarakat yang diarahkan untuk menumbuhkan, memantapkan dan memelihara serta meningkatkan pembauran kebangsaan.

“Hari ini Kecamatan Long Iram sudah selesai membentuk FPK yang dihadiri Sekretaris Kesbangpol Kutai Barat dan staf untuk memfasilitasi pembentukan FPK ini,” tutur Burhan di Aula Pertemuan Kantor Camat Long Iram yang dihadiri pula Muspika, beberapa petinggi Kampung, perwakilan lembaga adat kampung, dan beberapa tokoh masyarakat Long Iram.

Dan telah menetapkan H. Ibramsyah selaku Ketua FPK, Yahwel (Wakil Ketua), Fahrizal Rahman (Sekretaris) dan beberapa anggota perwakilan dari berbagai suku yang ada di Kecamatan Long Iram.

Lebih lanjut dijelaskannya bahwa FKP yang telah terbentuk ini terdiri dari  beberapa etnis yang ada di Kecamatan Long Iram. Melalui forum ini diharapkan dapat memperkuat komunikasi yang intens dalam rangka antisipasi adanya ancaman terhadap plurarisme, persoalan sosial, keamanan dan ketertiban yang terindikasi mulai luntur karena adanya upaya mensuperiorkan kelompoknya dan menginferiorkan kelompok lain.

“Saya berharap terbentuknya forum ini dapat diberdayakan dengan kegiatan nyata dan terukur supaya saling mengakui dan menghargai perbedaan sebagai kekayaan dan keragaman  masyarakat Indonesia,” ujarnya.

“Kedepannya para perwakilan etnis atau suku-suku yang ada di Kecamatan Long Iram dapat bersinergi bersama-sama dalam menciptakan lingkungan yang kondusif, aman dan terkendali utamanya dari isu-isu sara, ras, agama yang bertujuan untuk memecah belah masyarakat,” pungkas Camat Long Iram. (**/Kmf Kubar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here