Yacob Tullur, Irup Peringatan Hari Pramuka ke 58 di Kubar

0
200
Foto. Sekretaris Daerah Kabupaten Kutai Barat Yacob Tullur saat penyematan lencana di hari Pramuka ke58.

Penasatu.com, Kutai Barat – Sekretaris Daerah Kabupaten Kutai Barat, Yacob Tullur bertindak selaku Inspektur upacara peringatan hari ulang tahun Pramuka ke-58 di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kutai Barat.

Kegiatan ini diikuti pelajar tingkat SD, SMP, dan SMA, dengan tema ‘Bersama Seluruh Komponen Bangsa Siap Membangun Keutuhan NKRI’ berlangsung hikmat di Alun-alun, Kubar, Kamis (15/08/2019).

Dalam amanatnya, Yacob Tullur mengatakan, Sesuai dengan tema dan perkembangan yang sangat pesat perlu tindakan yang nyata dalam pembentukan karakter anak-anak tumbuh menjadi pribadi yang kuat dan tangguh, siap mempertahankan Pancasila, Kesatuan Indonesia yang berlandaskan Bhinneka Tunggal Ika.

Melalui gerakan pramuka dapat membentuk karakter yang kuat secara fisik, mental, cerdas, disiplin, cinta tanah air dan bangsa, khususnya bagi anggota pramuka di Kabupaten Kutai Barat.

“Gerakan pramuka harus meningkatkan dasa dharma pramuka sehingga generasi yang berkarakter mampu berdiri tegap dan bersaing serta menjadikan gerakan pramuka sebagai pilihan utama kegiatan ekstra remaja dan siswa di sekolah,”pintanya.

“Sementara itu Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Kutai Barat Yakobus Yamon menyebutkan, pramuka yang ada di Kutai Barat sudah terbentuk mulai tahun 2005, gerakan pramuka terus berkembang dan masih memiliki kendala dalam hal organisasi dan sosialisasi. Anggota pramuka perlu wadah yang refresentatif untuk kegiatan bumi perkemahan yang memadai untuk kegiatannya, ujar Yakobus. “Pada tahun ini program gerakan pramuka Kutai Barat menitik beratkan pada peningkatan SDM dengan melaksanakan kursus pembina pramuka dan tingkat lanjut,” imbuhnya.

Terkait prestasi, sambung Yakobus, kwartir cabang Kutai Barat mendapat peringkat 3 sebagai kwartir cabang tergiat dari 10 Kabupaten/Kota di Kalimantan Timur, hal ini menjadi sejalan dengan visi dan misi Pemerintah Kabupaten Kutai Barat guna terwujudnya Kutai Barat yang semakin adil, mandiri dan sejahtera berlandaskan ekonomi kerakyatan dan peningkatan SDM.

Gerakan pramuka sudah berperan membantu pemerintah melalui “Pramuka Bersih Negeri” dengan mengadakan kegiatan pembersihan sampah plastik di Kecamatan Sekolaq Darat, pungkasnya.*

kontributor: Ichal

Editor: Pena1.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here