SMP Negeri 1 dan SMP Negeri 5 Pacar Melaksanakan Simulasi Skala Besar UBDK

0
12 views

Penasatu.com-Manggarai Barat.NTT–Sejalan dengan akan dihentikannya Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), Jajaran Kementerian Pendidikan (Kemdikbud) berupaya untuk mencari model ujian secara online sebagai pengganti UNBK.
Untuk itu kementerian pendidikan memunculkan Ujian Berbasis Komputer Daring (UBKD) sebagai pengganti UNBK. Sistem ujian online ini diberlakukan ke semua jenjang pendidikan dari SD, SMP, SMA dan SMK.

Terkait dengan hal tersebut, SMPN 1 Pacar dan SMP Negeri 5 Pacar, Kecamatan Pacar Kabupaten Manggarai Barat, NTT pada Selasa(1/12/2020) sekitar pukul 08.00 WITA, melaksanakan kegiatan Simulasi Skala Besar (SSB) Ujian Berbasis Komputer Daring (UBKD) yang dilaksanakan secara online bertempat di Ruangan Laboratorium SMP N 1 Pacar.

Dalam kegiatan Simulasi ini terpantau jumlah peserta simulasi sebanyak 10 orang peserta perwakilan dari dua sekolah yaitu 5 Peserta Kelas IX dari SMP Negeri 1 Pacar dan 5 Peserta kelas IX dari SMP Negeri 5 Pacar serta didampingi oleh para guru atau Proktor perwakilan dua sekolah tersebut.

Kepala SMP Negeri 1 Pacar (Silvester Andi Gampung, S.Pd) selaku Ketua MKKS kepada media ini menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan program dari pusat yang notabenenya diikuti oleh seluruh SMP Se-Kabupaten Manggarai Barat dan hari ini juga di laksanakan di SMP 1 Pacar kebetulan fasilitasnya cukup memadai terkait dengan peralatan, oleh karena itu peserta SMP N 5 Pacar juga bergabung dengan SMP N 1 Pacar.

Lebih lanjut Silvester mengatakan “Memang kita tidak bisa hindari dari program ini karena kegiatan ini suka tidak suka harus mengikuti program yang diturunkan dari pusat’, sehingga tugas saya selaku ketua MKKS harus adanya kerja sama dalam satu wadah MKKS, teristimewa SMPN 5 Pacar yang fasilitas/peralatan di sekolah belum memadai sehingga mereka juga bisa bergabung dengan SMP Negeri 1 Pacar.
Memang aturannya bisa dilaksanakan di masing-masing sekolah akan tetapi tetap memperhatikan kondisi di sekolah seperti adanya fasilitas dan jaringan internet tutupnya.(*/Pedi Paty)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here