Sekda : Hasil Rapid Test, Positif Covid-19 di Kubar kini 13 orang

0
91
Sekda Kubar Drs.Yacob Tullur,MM didampingi Kasubag Sumda Polres Kubar Kompol Iswayuhdi, Kadishub Drs.Rakhmat,M.Si, perwakilan Kodim 0912, Kadiskes  dr.Ritawaty Sinaga, Kaban BPBD Kubar Jenton,S.Pd, Kabag Humas Pemkab Kubar Hendrita Teovila.

Penasatu.com, Kutai Barat – Pemerintah Kabupaten Kutai Barat melalui tim gugus tugas penanganan corona virus disease (Covid-19) pada hari ini menyampaikan kembali perkembangan update data terbaru covid-19. Ialah Sekda Kutai Barat, Drs. Yacop Tullur, MM, saat jumpa pers di Media center Covid-19, Selasa (14/4/200) menyampaikan, bahwa ada tambahan pasien positif covid-19 yang terkonfirmasi hari ini, menjadi 13 orang. Tambahan terjadi berasal dari Kecamatan Melak 2 orang dan 1 tambahan dari kampung Jambuq Kecamatan Bongan.

Ini setelah Tim gugus tugas puskesmas kembali melakukan rapid test, ditemukan 3 orang terkonfirmasi positif covid-19. Dua orang dari melak dan satu dari kampung Jambuq. “Dari ketiga orang ini, 2 orang dari Melak merupakan kategori lokal, namun yang dari jambuq merupakan Klaster Gowa, untuk itu kami telah berkoordinasi dengan Camat setempat untuk segera menjemput pasien tersebut dan nantinya dijemput dengan ambulance khusus, terang Sekda.

Data terkini yang ada, ODP ada196 orang, sudah selesai proses pemantauan 134 dan yang masih proses 62 orang. Untuk PDP 8 orang, namun dari hasil rapid test ternyata terkonfirmasi 6 orang positif sisanya negatif. untuk OTG 9 orang, sedangkan orang pelaku perjalanan sebanyak 2.523 orang.

Dikarenakan saat ini masih banyak masyarakat Kubar yang keluar daerah, melihat data yang didapat dari bandara Balikpapan, ujar Yacop Tullur.

“Dari data yang kita peroleh di Bandara Balikpapan kebanyakan warga Kubar yang keluar daerah merupakan karyawan perusahaan, yaitu karyawan perusahaan yang cuti. Untuk itu kami meminta karyawan ini harus jujur bila pulang dengan mengatakan tentang kesehatannya dan dari daerah mana, juga apabila tiba langsung memeriksakan dirinya ke puskesmas terdekat sehingga bisa terdeteksi sedini mungkin,” tegasnya.

“Kepada perusahaan yang beroperasi di Kubar, kami himbau hendaknya memberlakukan cuti ditempat bagi karyawannya untuk waktu sekarang ini,” pinta Yacop Tullur.

Kami juga mengimbau masyarakat, selalu waspada, jangan keluar rumah bila tidak ada keperluan mendesak, biasakan mencuci tangan dengan sabun, rajin berjemur. Karena dari 2 orang positif covid-19 yang menjalani rapid test dari Melak merupakan penduduk lokal. Langsung periksakan diri ke puskesmas terdekat apabila ada yang janggal dari tubuh kita, tutup Sekda.

wartawan : Ichal.

editor : penasatu.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here