Sambut Tahun Baru Islam Libatkan Agama Lain

0
144

Penasatu.com, Balikpapan – Gerakan Pemuda (GP) Anshor Balikpapan menggelar Pawai 1000 Obor dalam menyambut Tahun Baru Islam 1 Muharram 1441 Hijriah.

Dalam penyelenggaraan penyambutan Tahun Baru Islam dan juga perayaan HUT Kemerdekaan ke 74 tersebut tidak hanya melibatkan kalangan pemeluk agama Islam saja, akan tetapi melibatkan agama lain seperti, Kristen dan Hindu.

Pagelaran pawai 1000 obor dibuka langsung Wali Kota Balikpapan HM Rizal Effendi SE, dirinya menyambut baik acara yang digelar GP Anshor Balikpapan. Menurut Rizal pawai 1000 obor yang diikuti masyarakat Balikpapan sangat luar biasa mengingat kegiatan hari ini tidak hanya melibatkan agama islam saja, akan tetapi GP Anshor juga mengundang agama lain untuk terlibat dalam pawai obor.

Diharapkan dengan melibatkan seluruh masyarakat dari seluruh agama setidaknya dapat menjaga dan menerima “Bhinneka Tunggal Ika” sebagai rahmat dari Allah Swt bahwa keragaman tidak akan membuat persatuan terpecah belah dan kedepan tentunya kerukunan umat beragama di Balikpapan menjadi bagian penting bahwa dalam menjalankan agamanya masing-masing dan saling menghargai pemeluk agama lain.
Senada juga disampaikan Ketua GP Anshor Kota Balikpapan M Husein Kadri yang sangat bersyukur terhadap kegiatan pawai 1000 obor yang semula hanya ditargetkan akan diikuti 1000 orang namun kenyataannya peserta yang mengikuti mencapai kurang lebih 1500 orang .

Dia mengapresiasi kepada seluruh panitia yang terlibat dan ikut andil meramaikan serta mengabdikan dirinya untuk kesuksesan acara ini.

Diharapkan kedepan acara ini bisa diikuti oleh organisasi besar seperti MUI, Baznas, Kemenag Balikpapan. Menurut Husin seharusnya mereka yang berinisiatif melaksanakan kegiatan seperti ini, dan kegiatan yang dilaksanakan merupakan inisiatif yang di ambil GP Anshor dan Nahdatul Ulama (NU), diharapkan menjadi barometer untuk organisasi tersebut agar tahun depan bisa dilaksanakan.

Husin juga menambahkan bahwa masyarakat dari agama lain sangat senang sekali bisa diajak bergabung untuk terlibat dalam pawai 1000 obor, karena kegiatan ini sesuai dengan tema yang diambil menjaga kesatuan, persatuan dan kebhinekaan.*

Wartawan: Riel Bagas
Editor: BS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here