Sambut Kegiatan Peringatan HUT RI ke 79 di IKN, Muhaimin: Balikpapan Siap

0
19

Teks foto: Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Balikpapan, H. Muhaimin, S.T.,M.T.( dok.web.balikpapan.go.id)

Balikpapan,penasatu.com-Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) Akmal Malik memimpin Rapat Persiapan Rangkaian Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 79 Kemerdekaan  Republik Indonesia yang akan dilaksanakan di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara pada 17 Agustus 2024 mendatang, di Ballroom Hotel Platinum Balikpapan, pada Kamis, 4 Juli 2024 lalu.

Hadir bersama Pj Gubernur Kaltim, Kapolda Kaltim, Irjen Pol Nanang Avianto, Pangdam VI/Mlw yamg diwakili Kasdam VI/Mlw, Brigjen TNI Bayu Permana. 

Turut hadir, Sekda Provinsi Kaltim; Kepala OPD Provinsi Kaltim maupun Kabupaten PPU dan Paser dan Sekertaris Daerah kota Balikpapan, Muhaimin.

Dilansir dari Web.balikpapan.go.id,  Selasa (9/7/2024) Pj Gubernur Kaltim, Prof Dr Akmal Malik mengatakan pemerintah Provinsi, Kabupaten, Kota, Kapolda Kaltim, Pangdam VI/Mulawarman serta Organisasi Perangkat Daerah (OPD) ingin memberikan yang terbaik saat pelaksanaan kegiatan HUT RI ke 79, karena keberadaan IKN di Kaltim adalah berkah bagi semua masyarakat Kaltim.

“Kita berharap stigma bahwa IKN siap harus kita hadirkan kepada dunia dan Indonesia,” ucapnya usai rapat.

Lanjut Akmal Malik, rapat awal ini untuk menindaklanjuti arahan dari Pemerintah Pusat. Banyak hal-hal yang di bahas dalam pertemuan ini. Ke depan, akan ada rapat selanjutnya, yang membahas persiapan lebih detail.

Masih kata Akmal Malik, meskipun, pelaksanaan kegiatan dari Pemerintah Pusat tetapi Pemerintah Provinsi, Kabupaten Kota mendukung penuh, untuk mensukseskan pelaksanaan upacara Kemerdekaan RI yang pertama di Benua Etam. 

“Kita ingin melakukan persiapan sesempurna mungkin,” terangnya.

Dia pun meminta kepada pemerintah kabupaten kota untuk memasang umbul-umbul, sebagai bentuk dukungan terhadap kesiapan IKN.

Sementara Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Balikpapan, H. Muhaimin, S.T.,M.T., usai mengikuti rapat menyampaikan bahwa, kegiatan HUT Kemerdekaan RI, bukan hanya menjadi tanggung jawab Pemerintah Provinsi, Kota Balikpapan dan Kabupaten Penajam Paser Utara tetapi menjadi tanggungjawab seluruh pemerintah daerah di Kaltim.

“Kita akan mengikuti arahan dari bapak Gubernur Kaltim, dalam rangka mendukung kegiatan upacara HUT ke 79 Kemerdekaan RI. Ini menjadi kebanggaan, karena kita menjadi bagian dari sejarah,” terangnya.

Lanjut Muhaimin, berdasarkan arahan Gubernur Kaltim terkait pemasangan umbul-umbul, dirinya akan menunggu arahan lebih lanjut dari Pemerintah Provinsi, karena nantinya akan ada ukuran dan design umbul-umbul yang akan disampaikan kepada pemerintah kabupaten kota.

“Balikpapan dapat jatah berapa, ditempatkan di mana. Kita tunggu saja, tapi intinya kita siap mendukung kegiatan ini,” ujarnya.

Dalam rapat, Sekda Balikpapan didampingi Asisten III Bidang Administrasi Umum Setda Kota Balikpapan; Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kepala Dinas Perhubungan. (**)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here