Rombongan WAW Menuju Makkah Al Mukaromah, Miqat di Bir Ali

0
142

Penasatu.com, Madinah – Jamaah umroh WAW ( Wahyu Abadi Wisata) telah menyelesaikan kegiatan ibadahnya di Madinah. Dan akan melaksanakan kegiatan utamanya yaitu menunaikan ibadah umroh dengan menuju kota Makkah Al mukaromah, Selasa (18/2/20).

Perjalanan Madinah Makkah akan memakan waktu sekitar lima jam dan Rombongan WAW bertolak dari Madinah pukul 14.00 dengan jumlah jamaah 156 orang.

Direncanakan rombongan WAW akan singgah di Masjid Bir Ali untuk Miqat. Guna menunaikan rukun umroh yaitu niat Ikram dan umroh sebelum sampai di Kota Makkah Al Mukaromah. Tempat ini adalah salah satu miqat yang telah ditentukan oleh Nabi Muhammad SAW dan merupakan miqat yang paling terjauh dari Makkah.

Perjalanan kita ke Kota Makkah Al Mukaromah masih jauh, kemungkinann akan memakan waktu 4 sampai 5 jam, ujar Ir.H.Ahmad Basir.

Karena kita telah mengucapkan niat ,maka berhati hatilah, jangan sampai melanggar, ingatnya.

Seperti diketahui setelah Miqat , jamaah sudah mengucapkan niat Ikram dan umroh. Dan disitu ada larangan yang tidak boleh dilanggar para jamaah. Misal tidak boleh memotong kuku, atau sengaja menjtuhkan rambut. Karena jamaah harus membayar Dam yaitu semacam denda .

Miqat adalah batas bagi dimulainya ibadah haji (batas-batas yang telah ditetapkan). Apabila melintasi miqat, seseorang yang ingin mengerjakan haji perlu mengenakan kain ihram dan memasang niat. Miqat digunakan dalam melaksanakan ibadah haji dan umrah.

Ada 3 unit kendaraan (bis) yang membawa jamah WAW ke Kota suci Makkah. Ini dikarenakan ada 104 jamaah Sulawesi Selatan sudah tiba di di Madinah dan bergabung bersama sama dengan rombongan asal Balikpapan Kaltim.*

Wartawan : eddybpn

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here