Ratusan Personil dan Anjing Pelacak Amankan Pelantikan Dewan Baru

0
194

Penasatu.com, Balikpapan – Akan ada pemandangan yang berbeda di kawasan BSCC Dome, Balikpapan Selatan, Senin (26/8) lusa. Yakni, akan ada ribuan orang dan ratusan anggota keamanan plus anjing pelacak di sana.
Ya, saat itu merupakan hari yang istimewa bagi 45 orang anggota dewan baru. Mereka akan menjalani prosesi pelantikan oleh Gubernur Kaltim H Isran Noor.

Menurut Makmur, Kabag Umum dewan, menjelang pelantikan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Balikpapan untuk periode 2019-2024 sebanyak 350 personil kepolisian, baik Brimob (Brigade Mobil) maupun Polisi Wanita (Polwan) dan anjing pelacak dari Polres Balikpapan akan diterjunkan dalam pengamanan pelantikan anggota DPRD.

Pengamanan nantinya akan terbagi kedalam tiga ring. Dalam proses pengamanan tersebut akan dibantu dari Dinas Perhubungan (Dishub) yang akan menurunkan sebanyak 171 anggotanya untuk melakukan pengaturan lalu lintas di sekitar tempat acara. Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) sebanyak 85 orang anggota, Dinas Kebersihan 30 orang, Badan Penanggulangan Bencana Daerah sebanyak 20 personil dan 2 Mobil, Dinas Kesehatan Kota (DKK) menurunkan 3 Mobil Ambulance.

Sebanyak 5000 undangan disebar untuk prosesi pelantikan, termasuk diantarnya 1700 Rukun Tetangga (RT) yang ada di Kota Balikpapan. Nantinya seluruh pimpinan daerah baik itu Ketua DPRD Kota Balikpapan, Wakil DPRD, Wali Kota, Wakil Wali Kota semuanya akan transit dari Rumah Jabatan Walikota dan kemudian akan bersamaan menuju tempat acara pelantikan.

“Sesuai hasil rapat dengan pihak pengamanan khusunya polres Balikpapan, para tamu undangan yang hadir harus membawa undangan yang diterimanya, apabila tidak membawa maka tidak akan diperbolehkan masuk ke tempat acara guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan,” ujar Makmur.*

Wartawan: Riel Bagas
Editor: BS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here