Rangkaian HUT Bhayangkara ke 73 Polda Kaltim gelar Deklarasi Damai anti Kerusuhan

0
218

Penasatu.com, Balikpapan – Ribuan warga Kalimantan Timur (Kaltim ) begitu antusias mengikuti HUT Bhayangkara ke 73 serta Deklarasi Indonesia Damai Anti Kerusuhan yang digelar Kepolisian Daerah Kalimantan Timur (Polda Kaltim ) di Lapangan Merdeka Balikpapan, Minggu (23 /19) dari pukul 07.00 Wita.

Acara digelar dalam rangka merayakan HUT Bhayangkara ke 73 dan menciptakan kondusifitas pasca Pemilihan Umum serentak 2019.

Sebelum dilakukan Pembacaan Deklarasi dan Penandatanganan Anti Damai Tolak Kerusuhan, lebih dulu dilakukan jalan santai dan senam bersama Kapolda Kaltim Irjen Pol. Priyo Widyanto, Pangdam VI Mulawarman Mayjen TNI.Subiyanto, Ketua DPRD Balikpapan Abdulloh, Walikota Rizal Effendi, Forkopimda Provinsi Kaltim dan Balikpapan dengan berbaur bersama puluhan ribu masyarakat termasuk Ormas, Pelajar dan anggota TNI Polri.

Acara dibuka langsung Kapolda Kaltim Irjen Pol. Priyo Widyanto dengan melepaskan burung merpati. Kapolda Kaltim, pada sambutannya mengatakan, tujuan diadakan nya deklarasi ini untuk mengajak masyarakat menolak segala bentuk kerusuhan diwilayah Kaltim.
“Diharapkan adanya Deklarasi ini, menyatukan langkah dan tekad menjaga Kaltim tetap kondusif, meskipun tidak ada indikasi kerusuhan ini merupakan antisipasi kami dan tidak ingin Kaltim terpengaruh Medsos dan pemberitaan yang simpang siur,” jelasnya.

Sementara Pangdam VI Mulawarman Mayjen TNI Subiyanto menyampaikan, Jajaran TNI akan mendukung sepenuhnya apa yang dilakukan oleh Polri. “TNI bersama Masyarakat mendukung Polri menolak Kerusuhan,” pungkasnya.

Kemudian acara pun dilanjutkan dengan pembacaan Deklarasi dan Penandatanganan sepanduk, dimulai oleh Kapolda.
Adapun Berikut bunyi Deklarasi ‘Kami Menolak Kerusuhan’ di Kalimantan Timur yang dibacakan langsung oleh Sultan Kutai Kartanegara, bersama ormas dan elemen masyarakat lainnya.

KAMI MASYARAKAT KALIMANTAN TIMUR, MENYATAKAN :

  1. MENERIMA APAPUN HASIL KEPUTUSAN MAHKAMAH KONSTITUSI AGAR KALIMANTAN TIMUR TETAP AMAN DAN DAMAI.
  2. MENOLAK SEGALA BENTUK KERUSUHAN YANG BISA MENGGANGGU KONDUSIFITAS KALIMANTAN TIMUR.
  3. TETAP MENJAGA PERSAUDARAAN, PERSATUAN DAN KESATUAN DALAM BINGKAI NKRI.

kemudian dilanjutkan penarikan dan pembacaan doorprize dengan hadiah utama, enam lembar tiket Umroh, sepuluh Sepeda Motor, televisi, sepeda gunung, kulkas dan berbagai macam hadiah hiburan lainnya.*

Wartawan:Echi/Agus

Editor: pena1

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here