Polda Kaltim Peduli Bibir Sumbing dan Celah Langit-langit

0
256
Foto. Kapolda Kaltim Irjen Pol. Drs. Priyo Widyanto bersama pasien saat acara Bakti Kesehatan Polri, operasi bibir sumbing dan celah langit langit

Penasatu.com, Balikpapan – Wujud kepedulian antar sesama yang dilakukan Polda Kaltim dalam memperingati Hari Bhayangkara Ke-73 dengan melaksanakan Bakti Sosial Operasi Bibir Sumbing dan Celah langit-langit di Rumah Sakit (RS) Bhayangkara Balikpapan, Jl Sudirman, Balikpapan Kota, Selasa (18/6).

Kegiatan bakti sosial operasi bibir sumbing dibuka langsung Kapolda Kaltim Irjen Pol Drs Priyo Widyanto MM kerjasama antara Polri,  Kementrian Kesehatan, Smile train, Ahli Bedah Mulut dan Maksilofasial Indonesia, Jasa Raharja, RS Bhayangkara. 

Kapolda saat berbincang dengan para pasien

Ada sebanyak 16 bayi yang mengikuti program opersi gratis ini akan tetapi setelah screanning yang dinyatakan lolos hanya ada 12 bayi yang bisa dilkukan operasi, untuk hari ini ada 7 penderita yang akan menjalani operasi  dan sisanya sebanyak 5 orang esok.

“Untuk peserta yang ikut di seluruh Indonesia menargetkan 500 bayi yang dapat ikut program ini dengan melibatkan 17 rumah sakit di Indonesia dan nantinya juga seluruh jumlah peserta yang melakukan operasi bibir sumbing dan celah langit-langit kita masukan dalam rekor Muri,” kata Kapolda Kaltim Priyo Widyanto kepada awak media. 

Selain kegiatan operasi bibir sumbing juga dilaksanakan kegiatan sosial lainnya diantaranya sunatan massal, kesehatan kewanitaan, pasar murah menyediakan 2000 paket, donor darah dan pengobatan gratis.

Pasien balita siap menjalani operasi

“Mudah-mudahan bakti sosial ini bisa dirasakan masyarakat Kaltim untuk mendekatkan masyarakat dengan Polda dan Polres serta Polsek di wilayah masing-masing,” harapnya.

Seorang perserta yang mengikut porgram operasi gratis Juwita, ibu dari balita bernama Nurita usia 5 bulan, warga Kampung Baru, Balikpapan Barat menyampaikan rasa syukur dengan adanya program operasi bibir sumbing gratis yang dilaksanakan Polda Kaltim, program ini menurutnya sangat membantu bagi warga seperti dirinya yang ingin melakukan operasi untuk anaknya.

“Saya senang sekali bisa didaftarkan jadi peserta operasi gratis, kalau operasi dengan biaya sendiri kan biayanya sangat mahal,  bisa mencapai 40 juta. Alhmadulillah dan bersyukur bayi saya bisa ikut bakti sosial hari ini,” ujarnya dengan bola mata berbinar bahagia.

Dirinya mengaku mendapatkan informasi dan bisa terpilih menjadi salah satu peserta melalui media sosial, lalu kemudian segera menanyakan kepada pihak RS Bhayangkara kemudian diberikan nomor hp dokter Made dan dokter Irfan.

“Ya kemudian diberitahu melalui pesan Whatsapp,” katanya.

Usai melakukan prosesi foto bersama pasien operasi bibir sumbing, Kapolda Kaltim bersama Waka Polda Brigadir Jenderal Pol Eddy Sumitro, dan dokter bedah melakukan peninjauan ke ruang operasi RS Bhayangkara.*

Wartawan: Riel Bagas Editor: BS

Editor : pena1

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here