Penyaluran BLT di Kec Sekolaq Darat Tinggal Menyisakan 3 Kampung

0
110

Camat Sekolaq Darat Suwila Erpina.SP,M.Si.(Ichal penasatu)

Penasatu.com,Kutai Barat – Pembagian Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) tahap pertama di Kecamatan Sekolah Darat disalurkan bagi masyarakat kampung yang terkena dampak covid-19 telah di salurkan langsung ke masyarakat saat ini hanya tertinggal 3 kampung yang belum.

Jumlah Kampung penerima BLT DD di Kecamatan Sekolaq Darat di antaranya: Sekolaq Darat 125 KK, Sekolaq Oday 110 KK, Srimulyo 46 KK, Sumber Bangun 108 KK, Sekolaq Jolek 149 KK, Sumber Rejo 66 KK,Sekolaq Muliaq 97 KK dan Kampung Leleng 27 KK, kata Suwila Erpina.SP,M.Si, Camat Sekolaq Darat saat di konfirmasi via whatsapp, Selasa (19/5/20).

Dia menjelaskan, yang sudah melaksanakan penyaluran tahap satu yaitu, Kampung Sekolaq Joleq pada Rabu, 6 Mei 2020 lalu yang diserahkan langsung secara simbolis oleh Bupati Kutai Barat FX.Yapan,SH, kemudian dilanjutkan oleh Staf Kampung dari rumah kerumah, lanjutnya.

Kemudian, Kampung Srimulio 9 Mei dilanjutkan di Kampung Sekolaq Darat 14 Mei, lalu ke Sekolaq Oday 15 Mei langsung bergeser diKampung Sumber Bangun pada hari yang sama dikantor Kampung secara simbolis oleh DPMPK Muspika dan Pemerintah Kampung dilanjutkan satu persatu diserahkan dirumah warga sampai selesai.”ujar Camat Sekolaq Darat.

Untuk kampung yang belum dilakukan penyaluran BLT DD maaih tersisa 3 kampung yaitu, Kampung Sekolaq Muliaq, Sumberjo dan Kampung Leleng. Ini disebabkan dana belum masuk ke rekening kampung, terangnya.


Proses penyaluran BLT DD berpa uang tunai dengan diantar kerumah penduduk satu persatu oleh staf pemerintahan kampung, beber Suwila Erpina.

Ada beberapa kendala dikarenakan adanya pos bantuan berbeda yang tidak boleh tumpang tindih penerimanya. Yaitu BLT-Kementerian Sosial dan BLT APBD dan PKH sebingga harus hati hati dalam melihat data. Data penerima bantuan harus diverifikasi, teliti dan diperhatikan agar tidak tumpang tindih.

Tugas Kecamatan hanya melakukan pengawasan, monitoring dan evaluasi serta pendampingan melibatkan Tenaga Ahli (TA) Pendamping Desa(PD) dan Pendamping Lokal Desa (PLD) agar penyaluran benar-benar dilaksanakan dengan baik, efektif, efisien dan tepat sasaran,tegasnya.

Petinggi kampung wajib membuat Papan pengumuman/Baleho mengenai informasi nama penerima BLT-DD kepada publik, sesuai dengan Nama Penerima BLT-DD berdasarkan Kriteria, Ketentuan dan aturan yang berlaku, untuk kita awasi bersama,” pungkas Suwila Erpina.

Camat Sekolaq Darat berharap, semoga bantuan ini bermanfaat untuk masyarakat terutama untuk meringankan beban kebutuhan masyarakat saat pandemi Covid 19 ini.
Bantuan ini hanya meringankan tidak mencukupi sehingga masyarakat harus bijak dalam penggunaannya dan mengutamakan kebutuhan Pokok / utama, tutup Suwila Erpina.

Waratwan : Ichal

Editor : penasatu.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here