Pentingnya Pohon Bagi Kehidupan Manusia

0
0 views

Nama : Nawalia Ramadana
Priodi : Administrasi Negara
Universitas Terbuka Pokjar Tanah Grogot

Penasatu.com, Grogot – Saat ini penghijauan di kota sangat kurang akibat bertambahnya jumlah penduduk yang membutuhkan kayu untuk memenuhi segala macam kebutuhan hidup mereka, serta berkembangnya pengetahuan manusia tentang manfaat pohon.

Maka dari itu kita harus melakukan penghijauan, adapun penghijauan disini dalam arti luas, yaitu segala upayah untuk kembali, memulihkan, memelihara dan meningkatkan kondisi lahan agar dapat berproduksi dan berfungsi secara optimal, baik dalam pengaturan tata air dan perlindungan lingkungan.

Peghijauan dengan menanam kembali pohon memiliki peran sebagai paru-paru kota bahkan dunia, karena pertumbuhan pohon menghasilkan oksigen yang sangat diperlukan untuk pernafasan makluk hidup.

Penghijauan juga memiliki manfaat yang sangat banyak, salah satunya ialah sebagai pengatur lingkungan, karena vegetasinya akan menimbulkan hawa lingkungan yang sejuk dan nyaman.

Dan adapun manfaat yang lainnya yaitu :
Mencegah terjadinya banjir
Menjaga kualitas air tanah
Melindungi satwa
Mengurangi polusi udara
Mengurangi partikel debu dan masih banyak lagi manfaat penghijaauan.

Penghijauan juga bisa sebagai pencipta lingkungan hidup dalam istilah ilmu ekologis, disamping dapat menciptakan ruang bagi makhluk hidup dialam dan memungkinkan terjadinya interaksi secara ilmiah.

Tanah grogot adalah salah satu kota yang mempunyai penduduk terbilang tidak padat, tetapi penghijauan dikota ini sangat kurang.

Contohnya pepohonan yang ada di hutan kota, ditempat itu dulu banyak sekali pohon tapi sekarang udah mulai hilang disebabkan pembangunan monumen “Taman Kota” dan kurangnya pohon di sepanjang sisi trotoar-trotoar yang menyebabkan hawa dikota ini panas.

Maka dari itu ayo kita mulai menanam atau mulai menjaga pohon disekitar kita, dengan cara jangan menebang dan merusak pohon sembarangan baik yang masih kecil atau besar, karena itu salah satu cara untuk menjaga lingkungan.*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here