Pemkot Balikpapan Gelar Simulasi Peringatan Detik-detik Proklamsi Kemerdekaan RI ke 75

0
43

Penasatu.com, Balikpapan – Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan mengggelar simulasi kegiatan memperingati Detik-detik Proklamasi Kemerdekan Republik Indonesia, pelaksanaan digelar tepat  disimpang Lampu Merah (Depan Plaza Balikpapan), Jln. Jenderal Sudirman, Kecamatan Balikpapan kota, Kamis (6/8/2020).

Pelaksanaan simulasi yang sempat mengagetkan warga masyarakat pengguna jalan ini, dihadiri Wali Kota Balikpapan H M Rizal Effendi SE didampingi Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Sudirman Djayaleksana berlangsung aman.

Rizal menuturkan, simulasi memperingati detik-detik proklamasi hari ini adalah untuk meminta kepada seluruh masyarakat Balikpapan dimana saja berada termasuk yang sedang berada di jalan untuk menghentikan sementara seluruh aktifitasnya. Karena nantinya simulasi yang dilakukan hari ini akan dilaksanakan tepat di Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke 75 tahun pada Senin 17 Agustus 2020 mendatang.

Lanjut Rizal, pelaksanaan simulasi berjalan lancar tanpa kendala apapun. Semua apa yang dilakukan hari ini akan dilaksanakan serentak di 16 titik ruas jalan yang ada di jalan jalan kota Beriman (Bersih Indah Aman dan Nyaman) julukan kota Balikpapan.

Rizal menambahkan pelaksanaan detik-detik proklamasi nanti tentu pasti akan menutup sebagian ruas jalan yang ada di kota Balikpapan. Untuk penutupannya sendiri hanya akan berlangsung selama 3 menit saja,  yakni dari pukul 11.17 sampai 11.20,” imbuh Rizal Effendi.

Namun akan lain ceritanya jika ada hal-hal krusial yang terjadi saat detik detik proklamasi berlangsung. Seperti ada mobil ambulance yang melintas dan sedang membawa pasien ataupun  mobil pemadam kebakaran ingin melintas. Pemkot sudah menyiapkan segala skenario dilapangan nantinya, yang pasti baik ambulan dan mobil pemadam akan tetap bisa melintas tanpa hambatan saat terjadinya detik-detik proklamasi berlangsung, tegasnya.

Sementara, di tempat yang sama Kadishub kota Balikpapan menyampaikan, saat detik-detik proklamasi kemerdekaan. Dishub akan meminta masyarakat yang melintas untuk menghentikan sejenak aktifitas berkendaranya. Serta menghimbau masyarakat agar segera turun dari kendaraannya untuk berdiri tegap mulai dari bunyi sirine hingga selesai menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya.

Untuk sukses dan lancarnya kegiatan dalam acara pelaksanaan detik-detik proklamasi nanti, Dishub tentunya akan dibantu personil dari TNI dan Polri, serta unsur Pramuka dan partisipasi masyarakat, Ujar Dirman sapaan karib Kadishub.

Dan dalam pelaksanaan kegiatan Detik detik Proklamasi Republik Indonesia ke 75 tahun pada  17 Agustus 200 mendatang, diperkirakan akan ada sekitar 200 personil yang dipersiapakn guna mengamankan belansungnya acara.

Sebenarnya dari 16 titik yang akan menjadi perhatian, ada 25 titik persimpangan yang terdapat di kota Balikpapan, namun hanya 16 titik inilah yang akan menjadi Focus, dikarenakan di persimpangan ini dimana kegiatan yang banyak dilalui masyarakat dan semuanya berada di dalam kota saja.

Yakni dari Simpang Bandara, Simpang Tugu Beruang Madu, Simpang Gn Malang, Simpang Plaza, selain itu ada Simpang Dome, Simpang Mall Fantasi, dan lainnya, tutup Dirman.*

*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here