Pawai Kendaraan Hias Sambut Hari Raya Natal di Kubar Meriah, Sekda Angkat Bendera Start

0
111

Sekda Kubar Drs.Yacob Tullur, MM angkat bendera start saat melepas peserta kendaraan hias pada pawai Natal,di dampingi Forkopimda.

Penasatu.com, Kutai Barat – Kegiatan rutin Pemerintah kabupaten Kutai Barat (Kubar), setiap tahun menyambut Hari Raya Natal dengan menggelar pawai kendaraan hias yang melibatkan masyarakat bersama Umat Kristiani se-Kabupaten Kutai Barat.

Pawai diikuti ratusan kendaraan roda empat dan dua dengan hiasan momen Natal, mewakili Bupati Sekretaris Daerah (Sekda) Kubar Drs.Yacob Tullur,MM, melepas pawai dengan mengangkat bendera start dari Halaman Alun-alun Itho, Komplek Perkantoran Pemkab Kubar, Sabtu (28/12) pukul 09.35 Wita pagi.

Sekda di dampingi Forkopimda saat melepas peserta pawai

Pawai Natal kali ini dengan rute mengelilingi Kota Sendawar, yakni bertolak dari Alun-alun Itho Kecamatan Barong Tongkok, melintasi Kecamatan Sekolaq Darat, berlanjut ke Kecamatan Melak melintas jalan dua jalur Sendawar Raya dan kembali ke Kecamatan Barong Tongkok. Kemudian rapat pukul 12.00Wita, finis dan berkumpul di rumah dinas Bupati dilanjutkan mengikuti acara open house Bupati Kubar.

Bupati Kubar FX Yapan SH Tumenggung Singa Praja, dalam sambutan tertulis dibacakan oleh Sekda mengatakan, agar kemeriahan pawai Natal semakin menambah rasa persatuan, kekeluargaan dan persaudaraan seluruh umat beragama.
Dengan meneguhkan semangat dan tekad untuk membangun Kutai Barat,” pesan Bupati.

Bupati menyebut Pawai Natal, sebagai bagian dari rangkaian kegiatan perayaan Natal. Dia berharap Pawai Natal itu dimaknai secara mendalam sebagai bagian untuk mempersatukan iman, bukan hanya seremonial kemeriahan saja, ujar Sekda.

“Menguatkan persatuan, kesatuan hati dan iman untuk mewujudkan kedamaian dan kondusifitas Kubar,” ujarnya.

Bupati, masih kata Yacop, juga menyampaikan doa dan harapan yang tertuang dalam tema perayaan Natal tahun ini.Yaitu “Dengan Natal Kita Bangun dan Tingkatkan Persaudaraan Sejati Ditengah-tengah Keragaman Budaya, Agama dan Etnis Menuju Hati Esok Lebih Baik Dengan Penuh Kedamaian”.

“Saya berharap menjadi landasan untuk membangun kualitas dan kapasitas diri menuju Kubar Yang Masyarakatnya Semakin Adil, Mandiri, dan Sejahtera Berlandaskan Ekonomi Kerakyatan dan Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia,” beber Yacop lagi.

Di akhir sambutannya, Yacop Tullur menyampaikan pesan Bupati, terima kasih atas keikutsertaan umat Kristiani se-Kutai Barat terutama Gereja-Gereja, Perangkat Daerah, kecamatan se-Kubar, beserta seluruh instansi vertikal, BUMD, LSM, Ormas, Paguyuban, Organisasi Keagamaan, Organisasi Kepemudaan, perusahaan serta Perguruan Tinggi dalam meramaikan dan mengikuti Pawai Natal 2019.

“Saya meyakini partisipasi ini menjadi ilustrasi bahwa seluruh elemen masyarakat se-Kubar memiliki persepsi dan niat yang sama, bersinergi menuju Hari Esok Yang Lebih Baik daripada Hari Ini,” pungkasnya.

Antusias masyarakat Kubar menyambut Natal dengan berpartisipasi dalam pawai Natal 2019

Sementara, dikonfirmasi terpisah, Kapolres Kubar AKBP Roy Satya Putra SIK MH yang juga hadir dalam acara itu menegaskan, untuk pengamanan Pawai Natal 2019 Polres Kubar menurunkan sekitar 200 personel.

“Terbagi diberbagai persimpangan jalan, untuk meminimalisir kemacetan dan lakalantas disepanjang jalan dalam Kota Sendawar saat pawai berlqngsung,” ungkapnya.

Kapolres juga menjelaskan, Pawai Natal 2019 itu rutenya mengelilingi Kota Sendawar (Barong Tongkok, Sekolaq Darat, dan Melak), kembali dan berakhir di rumah dinas Bupati Kubar FX Yapan di Komplek Perkantoran Pemkab Kubar.
“Satya mengimbau kepada masyarakat untuk selalu tertib dijalan, antisipasi lakalantas, dan bersama menjaga kamtibmas,” tuturnya.

Untuk diketahui, dalam pelepasan rombongan Pawai Natal kali ini turut hadir Dandim 0912 Letkol Inf Anang Sofyan Effendi, para Kepala OPD dilingkup Pemkab Kubar, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, tokoh adat, serta undangan.*

Wartawan : Ichal.

Editor : EDS/penasatu.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here