Pandemi Kian Marak, Pemkot dan Pelaku Usaha Harus Lebih Tegas

0
83

PENASATU.COM, BALIKPAPAN – Penyebaran kasus positif virus corona atau lebih dikenal Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) yang melanda Kota Balikpapan meningkat drastis beberapa hari terakhir, sehingga membuat Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan melakukan bebagai langkah untuk meredam lajunya penyebaran virus tersebut.

Bahkan kemarin, jumlah terkonfirmasi positif mencapai 57 orang, tentu saja angka tersebut merupakan lonjakan yang cukup besar dan harus menjadi evaluasi bagi pemkot.

Melihat tingginya angka positif covid-19 di Balikpapan, Anggota Komisi IV DPRD Balikpapan Capt Hatta Umar meminta agar masyarakat lebih berhati-hati lagi saat berada di luar rumah dengan memperketat diri akan protokol kesehatan yang sudah diberikan pemerintah saat ini.

“Apabila berada di luar rumah, sebaiknya masyarakat menggunakan masker, selalu mencuci tangan dan menjaga jarak,” imbaunya serius.

Hatta menilai sejak pemkot memberlakukan new normal bagi masyarakat, harapannya dapat memperbaiki perekonomian yang sempat turun drastis sejak covid-19 masuk di Balikpapan.

Kenyataannya, saat ini perekomian Balikpapan jauh dari harapan sebelumnya, masih belum mencapai seperti yang dinginkan pemkot.

“Saya melihatnya disini pemkot belum tegas untuk menerapkan protokol kesehatan dimasyarakat,” kata dia.

“Coba perhatikan saja, baik di warung dan cafe yang saat ini menjadi tongkrongan kaum milenial masih saja banyak yang tidak menggunakan masker, padahal masker sangat penting.”

Lanjut Hatta, seharusnya disini peran pemkot untuk bertindak tegas bagi pelaku usaha yang tidak menerapkan protokol kesehatan kepada pengunjung.

Sebaliknya, pelaku usaha juga harus tegas dimana setiap pengunjung yang datang ketempat usahanya harus mewajibkan pengunjung untuk menggunakan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak.

“Kalau pengunjung cafe atau rumah makan yang datang tidak menggunakan masker, pemilik usaha harus tegas, jika perlu diusir saja sekalian dan tidak diperbolehkan masuk,” imbaunya.

Pelaku usaha juga harus bisa tegas dan memberikan contoh bagi pelaku usaha lainnya.

Wartawan: Riel Bagas
Editor: HTBS/Penasatu.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here