Oh Sukjae: Harus Fokus ke Banyak Pemain

0
22 views

Penasatu.com, Balikpapan – Hari kedua coaching clinic pelatihan pelatih sepak bola usia dini dan muda yang diikuti 22 orang pelatih serta 60 pemain yunior yang dipandu Oh Sukjae di Lapangan Telkom, Ringroad, Balikpapan Kota, Jumat sore (5/7), diawali dengan materi penguatan pondasi bagian bawah pemain.

Pelatihan pelatih sepak bola garapan Badan Liga Sepak bola Pelajar Indonesia (BLiSPI) Kaltim baru akan berakhir pada 7 Juli mendatang. “Baru dua hari ikut pelatihan ini, tapi kami sudah dapat memetik hal yang positif dari coach Oh Sukjae yang mantan pemain timnas Korsel itu,” komentar sejumlah peserta.

Matulian Basorannu mantan pemain Timnas Garuda II ( topi hitam)

Diantara pelatih terselip sosok mantan pemain timnas Garuda II Matuliang Basorannu. Matuliang yang adik kandung legenda Persiba Balikpapan Rahmin Sanjaya, itu saat ini menetap di Bontang dan menjadi pelatih anak-anak muda setempat.

Oh Sukjae mengawali latihannya dengan materi penguatan otot paha seorang pemain sepak bola. “Seorang pemain sepak bola itu, mirip dengan sebuah bangunan gedung yang harus kokoh dibagian bawah, agar tak mudah ambruk,” katanya dengan bahasa Indonesia.

Selanjutnya Oh Sukjae memberi materi, pemain yang menguasai bola harus bisa fokus ke banyak pemain, terutama teman setimnya. Keuntungannya, pemain yang fokus tidak hanya pada satu dua orang teman atau lawan, bisa membagi bola dengan lebih leluasa.

“Harus fokus ke banyak pemain. Fokus dengan kejelian mata dan pikiran, agar bisa melindungi dan membagi bola kepada temannya,” tutur Sukjae yang langsung bisa dipahami para peserta.*

Wartawan: BS/Riel Bagas
Editor: penasatu.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here