Nanga Nisar, Tujuan Wisata Kabupaten Manggarai Barat Masa Depan

0
82 views

Oleh : Fadil Mubaraq

Manggarai Barat, penasatu.com– Indonesia dikenal sebagai negara dengan kekayaan keanaekaragaman hayati (biodiversity) laut terbesar di dunia, karena memiliki ekosistem pesisir seperti hutan mangrove, terumbu karang, dan padang lamun (sea grass) yang sangat luas dan beragam. Selain itu, termasuk negara yang mempunyai garis pantai terpanjang kedua di dunia setelah Kanada. Dan mempunya pantai-pantai yang masih terjaga akan keasriannya.

Sedikit membahas tentang Nanga (pantai dan perairan sekitar dalam bahasa lokal) yang ada di salah satu desa yaitu di Nisar, Desa Nanga Bere Kecamatan Lembor Selatan, Kabupaten Manggarai Barat. Karena setiap jengkal pantai di Negara ini membentang banyak kisah, mulai dari kisah para nelayan yang mengadu keberuntungan di laut, hingga kisah kapal yang terdampar di pantai.

Debur suara ombak yang pecah saat bertemu dengan batu seakan menyambut anda, ditambah angin yang sejuk menjadi magnet yang menarik hati ketika berada di pantai. Maka tak jarang kita betah berlama-lama di pantai.

Orang menyebut dengan sebutan daerah pantai selatan karena letaknya berada di sisi selatan Ibu Kota Manggarai Barat. Kami menyadari bahwa pantai ini mungkin masih terdengar asing, tidak seperti pantai lainnya di Manggarai Barat sebut saja Pink Beach dan Long Beach yang sudah familiar di telinga wisatawan.

Berkunjung ke pantai ini anda tiaak akan rugi. Karena selain menampilkan pesona pantai yang memanjakan mata, hamparan lautnya masuk dalam Kawasan Konservasi Perairan Taman Nasional Laut Sawu tak kalah menarik.

Karakteristik pantai yang tidak menentu, karena dipengaruhi oleh ombak pantai selatan yang terkenal tragis/ganas. Pasir yang mempunyai karakter kasar dan terkadang halus dan di dominasi warna hitam.

Di pantai selatan ini ada satu musim yang kami sebut musim tenggara, tatanan pantai seluruh oleh hantaman ombak yang begitu besar. Pasir pantai hilang seketika. Berganti pasir bercampur kerikil menjadi sebuah pemandangan menarik yang anda bisa saksikan.

Uniknya daerah dengan luas wilayah 64,80 kmĀ² tersebut adalah salah satu daerah yang letak seluruh anak kampungnya berada di dekat pantai tapi mata pencaharian utamanya adalah bertani (ladang). Hampir semua warganya menggantungkan hidup dari bertani ladang (bertani musiman). Hanya beberapa keluarga saja yang terdata sebagai nelayan.

Penelitian yang dilakukan di Washington University dan UC Irvine menemukan bahwa liburan ke pantai mampu meningkatkan kreativitas, mengurangi depresi dan kecemasan, serta mengembalikan kesehatan mental.

Pada sore harinya terkadang masyarakat menghabiskan waktunya untuk mencari kerang di pinggir pantai kawe hima (mencari kerang/siput), sebagian anak kecil menghabiskan waktu main dipantai terutama saat air pasang. Orang dewasa mengayuh dayung Sampan Tonda (perahu kecil) untuk melaut baik untuk mancing atau mo lego pukat (pasang pukat). Pada pagi dan sore hari sebagaian orang muda berada dipantai untuk menikmati matahari terbit (Sunrise-an) juga matahari tenggelam (Sunset-an). Itulah pemandangan yang sering terjadi, seperti kehidupan masyarakat pesisir pada umumnya.

Letaknya yang berada di bagian selatan Labuan Bajo pada hakikatnya sangat stategis untuk dikembangkan. Berada pada sentral pembangunan pariwisata Flores. Itu tanpa sebab, karena perairan bagian barat yaitu Tanjung Kerita Mese merupakan salah satu yang masuk dalam zona inti Kawasan Konservasi Taman Nasional Perairan Laut Sawu (Putusan Menteri Kelautan Dan Perikanan Repoblik Indonesia Nomor : 5/Kepmen-Kp/2014).

Desa Golo Mori bagian barat merupakan daerah perencanaan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Manggarai Barat juga dalam tahap pembangunan jalan raya jalur selatan yang menghubungkan Labuan Bajo_Golo Mori _Sano Nggoang_Lembor Selatan _Wae Rebo yang kemudian dikenal jalur poros selatan.

Selain daripada itu banyak atraksi yang menjadi daya tarik wisata jika di kelola dan dikembangkan dengan baik. Di Nisar terdapat penangkaran penyu, Kegiatan budidaya mangrove, beberapa burung endemik Flores, dan hewan purba yang mendunia yaitu Ora (komodo) juga tempat sejarah yang mengandung cerita yang mesti anda dengar dan saksikan. Panorama alam juga yang eksotis. Maka dari potensi yang ada menjadikan Nisar, Desa Nanga Bere Kecamatan Lembor selatan percaya bahwa suatu saat menjadi sebuah daerah tujuan wisata.

Semoga kedepannya pantai selatan Manggarai Barat ini menjadi sebuah daerah tujuan wisata.
Salam dari Pelosok Nisar, Desa Nanga Bere Kecamatan Lembor selatan, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here