Liputan Khusus: Miqat di Ja’ronah, Jamaah WAW Laksanakan Badal Umroh Bagi Keluarga yang Telah Tiada

0
145

Jamaah umroh WAW saat usai tawaf di Ka’bah saat laksanakan Badal umroh.

Penasatu.com, Makkah – Bahwa Rasulullah SAW mendengar seseorang berkata, “Ya Allah aku penuhi panggilan-Mu atas nama Syubrumah”, Rasulullah SAW berkata :”Siapakah Syubrumah ?” Ia menjawab : “Saudaraku atau kerabatku,” Rasulullah SAW berkata : “Kamu sudah haji untuk dirimu sendiri ?” Ia menjawab : “Belum”. Rasulullah SAW berkata : “Hajilah kamu untuk dirimu sendiri (dulu), kemudian kamu haji atas nama Syubrumah”. [Hadist Riwayat Abu Daud dan dishahihkan oleh Al Albani kitab Irwa Al Ghalil, 4/171]

Ketua dewan fatwa Saudi Arabia terdahulu, Syekh Bin Baz berkata, “Jika Anda ingin menunaikan umroh untuk diri Anda dan untuk orang lain yang telah meninggal dunia, atau untuk orang yang sudah tidak mampu fisiknya, maka yang wajib Anda lakukan adalah Anda ihram dari miqot yang Anda lewati. Jika Anda selesai melakukan amalan umroh atau haji, maka tidak mengapa bagi anda untuk umroh untuk diri Anda dari tanah halal terdekat. Seperti Tan’im, Ja’ronah, dan sebagainya.

Dengan berdasarkan inilah pengurus Jamaah umroh PT.Wahyu Abadi Wisata memberi kesempatan kepada jamaah umrohnya untuk melakukan Badal umroh bagi kerabatnya yang sudah meninggal dunia. Dengan melakukan Miqat di masjid Ja’ronah setelah pulang dari Padang Arafah, Musdalifah dan Mina. Ada 45 orang yang melaksanakan Badal Umroh.

Masjid Ja’ronah adalah saksi bisu tempat Nabi Muhammad SAW bermiqat sebelum melakukan umrah. Terletak di perkampungan Ji’Ranah di Wadi Saraf, sekira 24 kilometer arah timur laut Masjidil Haram, Masjid Jiranah kini jadi lokasi miqat Muslim dunia.

Setelah kembali dan istirahat 1 jam di hotel, muthawif Ust Aswan Nasution langsung menggiring rombongan yang telah mengambil niat memasuki Ka’bah untuk melaksanakan tawaf, dilanjutkan Sai dan Tahallul sehingga lengkap sudah rukun Badal umroh yang dilaksanakan jamaah WAW, Kamis (20/2)

Sebenarnya, siapa saja boleh melakukan Badal Umroh sendiri, yang terpenting melakukan rukun umroh seperti yang sudah di gariskan. Namun karena butuh biaya agak lumayan besar untuk menyewa kendaraan, guna mengantar ketempat atau pelaksanaan Miqat ditempat tempat yang sudah di tentukan.

Disini pihak management WAW sengaja memberi kesempatan ini dengan gratis saat tur City mengelilingi kota Makkah Al Mukaromah sekaligus singgah di Ja’ronah untuk Miqat.*

Penulis : Eddy bpn.

Sumber : goggle.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here