LAPB, Gelar Ritual Adat Tolak Bala

0
62

Kegiatan ritual yang diadakan oleh masyarakat Paser

PENASATU.COM, BALIKPAPAN-Masyarakat Adat Paser yang tergabung dalam Lembaga Adat Paser Borneo (LAPB) Balikpapan adakan ritual adat tolak bala, berlangsung di jalan utama Pasar Pandansari sekitar pukul 9.00 WITA (6/5/2020). Kegiatan ritual ini dipimpin langsung oleh Ketua Adat dan dihadiri oleh sesepuh adat, tokoh masyarakat, didampingi pihak kepolisian Polsek Balikpapan Barat.

Ritual adat ini dilaksanakan untuk menangkal hal-hal yang tidak diinginkan karena keadaan kondisi masyarakat yang kurang aman dengan adanya gangguan dari alam, arwah leluhur, maupun dari perbuatan manusia itu sendiri, yang tujuannya adalah untuk pembersihan dan juga didukung dengan doa-doa menurut kepercayaan masing-masing.

Hal tersebut disampaikan oleh Asmad, Ketua Lembaga Adat Paser Borneo Balikpapan. “Ditengah wabah covid19 ini agar ada keselamatan dan kedamaian bagi kami Suku Paser sebagai suku asli Kota Balikpapan khususnya dan warga sekitar pada umumnya.” Tambahnya

Ritual diikuti oleh sekitar 20 warga adat dengan menggunakan ikat kepala merah dan baju khas Suku Paser dengan tetap mengikuti protokol Covid19.

Wartawan : are.

Editor : penasatu.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here