KPU Balikpapan Merasa Terhormat Disambangi DPRD Kukar

0
0 views

Foto bersama DPRD Kukar saat kunjungan di KPU Balikpapan, terkait kesiapan KPU dalam melaksanakan Pilkada Serentak 2020 di tengah Pandemi COVID-19.

PENASATU.COM, BALIKPAPAN – Sehabis mengunjungi DPRD Kota Balikpapan, rombongan DPRD Kutai Kartanegara (Kukar) menyambangi Komisi Pemilihan Umum (KPU)
di Jln. Jenderal Sudirman, Prapatan, Balikpapan Kota.

Kedatangan rombongan DPRD Kukar terkait kesiapan KPU Balikpapan dalam melaksanakan Pilkada Serentak 2020 di tengah Pandemi COVID-19.

Ketua KPU Balikpapan Noor Thoha menuturkan, jika ini pertama kalinya KPU mendapatkan kunjungan dari DPRD Kabupaten Kukar.

Menurutnya, jika KPU dikunjungi DPRD Provinsi merupakan hal yang biasa, namun dengan dikunjungi DPRD Kukar itu merupakan kehormatan tersendiri bagi KPU.

Lanjut Thoha, kedatangan DPRD Kukar mempertanyakan kesiapan Pilkada dimasa pandemi covid-19.

Dikarenakan letak geografis antara Kukar dan Balikpapan berbeda, akan tetapi ada kesamaan pada Daftar Pemilih Tetap (DPT).

Maka dari itu DPRD Kukar ingin mengetahui lebih banyak informasi dalam menerapkan strategi apa yang digunakan Balikpapan dalam mengantisipasi turunnya partisipasi masyarakat saat pemilihan dimasa pandemi.

Selain itu, DPRD Kukar ada kemiripan dengan Balikpapan terkait calon tunggal. Bagaimana Kota Balikpapan memiliki cara untuk mengantisipasi calon tunggal serta dari segi regulasinya.

Hal itulah yang menjadi konsen DPRD Kukar untuk mengetahui langkah apa yang diambil KPU Balikpapan dalam mengatasi permasalahan tersebut.

Wakil Ketua Komisi I Ahmad Jaiz menjelaskan terkait kedatangan dirinya bersama rekan sejawatnya ke kantor KPU Balikpapan terkait dengan adanya pilkada serentak yang sebentar lagi akan dilaksanakan.

Dia mengungkapkan, ada kekhawatiran tersendiri bagi dirinya dalam pelaksanaan Pilkada serentak di tengah pandemi covid-19 yang kondisinya hingga saat ini masih marak.

Sehingga muncul pertanyaan, apakah mekanisme dalam pelaksanaan pilkada yang akan dilaksanakan KPU Balikpapan bisa berjalan dengan lancar atau tidak.

Selain itu, dirinya ingin mengetahui strategi apa yang nantinya akan dijalankan KPU untuk meningkatkan partisipasi pemilih yang ada di DPT untuk datang menggunakan hak pilihnya di TPS.

Sehingga pesta demokrasi ini bisa berjalan, kemudian jika pelaksanaan pilkada di Kaltim bisa berjalan dengan baik dan sukses. Maka, secara otomatis akan mengangkat nama baik Kaltim itu sendiri.*

Wartawan: Riel Bagas
Editor: HTBS/penasatu.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here