KPU Akan Periksa Kesehatan Paslon Walikota Ujung Rambut hingga Ujung Kaki

0
35

Mega Feriany Ferry, Komisioner Teknik Penyelenggara KPU kota Balikpapan

PENASATU.COM, BALIKPAPAN – Waktu
yang berputar seakan begitu cepat berlalu. Tak kurang dari empat minggu lagi pembukaan pendfataran pasangan Bakal Calon (Bacalon) Walikota dan Wakil Walikota Balikpapan 2020 yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Sesuai jadwal yang dimiliki KPU yakni untuk pendaftaran pasangan calon (paslon) akan dilaksanakan tanggal 4 September sampai 6 September 2020.

Mega Feriany Ferry, Komisioner Teknik Penyelenggara menjelaskan, KPU nantinya akan melaksanakan pengumuman pendaftaran bagi bacalon.

Kemudian akan melakukan sosialisasi tentang proses pendaftaran hingga proses pemeriksaan kesehatan bagi bacalon.

“Bagi pasangan bacalon, syarat yang harus dipenuhi yakni harus sehat jasmani, rohani dan bebas dari penyalahgunaan narkoba/narkotika,” ungkap dia.

“KPU akan menyiapkan tiga tim pemeriksa kesehatan diantaranya, kesehatan fisik, psikologi dan narkoba,” jelas Mega Feriyani Ferry.

Dari ketiga tim pemeriksa semuanya memiliki keahlian kompetensi, maka syarat kriteria dari tim pemeriksa sudah ada, sehingga merekalah nantinya yang berhak menilai, apakah paslon sudah memenuhi syarat atau tidaknya untuk pasangan bakal calon.

Lanjut Mega, di tengah kondisi pandemi saat ini, KPU meyakini akan ada Petunjuk Teknis (Juknis) terkait protokol covid-19.

Kemungkinan juknis yang nantinya akan digunakan sama seperti pelaksanaan Pemilihan Gubernur (Pilgub) 2018 lalu, kemudian dikolaborasikan sengan protokol covid-19 saat ini.

Nantinya setiap paslon kondisi kesehatannya akan dinilai baik mulai dari ujung rambut hingga ujung kaki. “Semua kondisi fisik paslon harus diperiksa, namanya juga Medical Check Up, jadi harus diperiksa hingga menyeluruh sampai pemeriksaan bebas narkoba,” tuntas Mega.*

Wartawan : Riel Bagas
Editor : HTBS/penasatu.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here