Kodam VI/Mlw Gelar Lomba Tari Perang Dayak, Lestarikan Budaya Asli Kalimantan

0
98

Penasatu.com, Balikpapan – Dalam upaya untuk semakin mencintai dan melestarikan kesenian dan budaya tradisional bangsa melalui kreasi-kreasi dan kreatifitas. Staf Teritorial Kodam VI/Mlw menggelar Komsos Kreatif Lomba Tari Perang Dayak di Aula Makodim 0905/Balikpapan. Jumat, 27 September 2019.

Peserta yang mengikuti Kegiatan Lomba Tari Perang Dayak Tingkat Kodam VI/Mlw berasal dari perwakilan pelajar, perkumpulan komunitas ataupun lembaga adat dayak lainnya dari Kodim-Kodim di Wilayah Kodam VI/Mlw.

Pada kegiatan lomba tari perang Dayak tersebut juga disaksikan oleh Aster Kasdam VI/Mlw Kolonel Inf Jones Sasmita dan para unsur pejabat Kodam VI/Mlw lainnya, unsur pejabat Pemkot Balikpapan, para Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat dan Undangan lainnya.

Pada sambutannya Aster Kasdam VI/Mlw Kolonel Inf Jones Sasmita menyampaikan, sesuai dengan tema melalui kegiatan Komsos Kreatif, kita tingkatkan rasa cinta tanah air, wawasan kebangsaan dan kesadaran berbangsa dan bernegara serta menjaga dan mempertahankan kedaulatan NKRI.

Maka melalui Komunikasi Sosial yang sehat dan harmonis dengan Lomba Tari Perang Adat Dayak ini, agar dapatnya semakin meningkatkan kemanunggalan TNI dengan Rakyat dan mempererat jalinan tali silaturahmi antara prajurit TNI dengan segenap komponen masyarakat.

Tari perang adat Dayak merupakan warisan kearifan lokal dan budaya bangsa yang secara umum mengisahkan kepahlawanan Dayak yang tengah berperang melawan musuh. Seni tarian ini memadukan musikalitas dan gerakan yang lincah, penuh semangat, serta gesit dan indah.”Jelas Jones.

Oleh karena itu, diharapkan Kegiatan lomba ini, dapat menjadi wahana yang tepat dan efektif untuk menampilkan kreativitas kesenian secara kompetitif, sehingga dapat mendorong pengembangan karakter dan jati diri peserta untuk semakin mencintai kesenian dan budaya bangsa sendiri, pungkas Jones.

Dari hasil penilaian para dewan juri yang terdiri dari Bapak Lampang Bilung selaku Ketua Pemuda Dayak Kaltim, Bapak Yudhi Valent dari Dewan Kesenian Kota Balikpapan dan Ibu Irma Nurmayanti dari Disporapar Balikpapan.

Maka yang berhak menjadi juara adalah sebagai berikut, sebagai Juara I Tim Tari perang Adat Dayak Gubang Art Community (Kodim 0906/Tgr) dengan menampilkan tari Datun Bangen Tawa, sebagai Juara II Tim Tari perang Adat Dayak Serumpun Lima Studio (Kodim 0905/Bpp) dengan menampilkan tari serumpun lima studio dan sebagai Juara III Tim Tari perang Adat Dayak Sanggar Tari Taka (Kodim 0913/PPU) dengan menampilkan tari sanggar seni taka.

Sumber: Pendam VI/Mulawarman.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here