Karang Taruna Kota Balikpapan, Siapkan SATUPENA

0
361
Pengurus SATUPENA saat foto bersama Walikota Balikpapan usai pengukuhan,( foto. ben)

Penasatu.com, Balikpapan– Pengukuhan Satuan Tugas Penanggulangan Bencana (SATUPENA) dari Karang Taruna Kota Balikpapan berlansung di Kariangau kecamatan Balikpapan Barat, Minggu (17/3) berlangsung hikmat.

Hadir Walikota Balikpapan Rizal Effendi,  Ketua Karang Taruna Kota Balikpapan, Ir Muhaimin MT, Danlanal Balikpapan, Kepala  BPBD, Kesbangpol, Basarnas, Camat dan Lurah se Balikpapan, dan undangan.

Walikota Balikpapan saat pengukuhan SATUPENA.(foto.ben)

Walikota dalam sambutannya  mengatakan, Satupena ini adalah sangat baik sekali kehadirannya di tengah masyarakat, karena kita sangat membutuhkan relawan yang peduli, terlatih dan punya kemampuan.

Menurutnya,  relawan yang peduli harus handal dan terlatih, sehingga  siap untuk diturunkan di tengah masyarakat yang membutuhkan apabila ada kegiatan bencana.

Satupena ini adalah baru di Karang taruna, biasanya karang taruna bergelut di bidang sosial kemasyarakatan, namun sekarang selain Tagana, KNPI peduli dan Pramuka Peduli, satupena  bisa bersinergi bersama dalam kegiatan bencana, imbuh Rizal.

Ketua  Panitia , Abdul Jabar S.H   menyampaikan terima kasihnya kepada Pemerintah Kota dalam hal ini Bapak Walikota Rizal Effendi yang sudah mengukuhkan satupena yaitu Satgasnya Karang Taruna. Kami berkomitmen siap bekerjasama dengan OPD dalam kegiatan kegiatan Pemerintahan bila ada terjadi bencana.

Sedangkan Ketua Karang Taruna Kota Balikpapan, Muhaimin mengatakan, dalam rangka hari jadi Hut kota Balikpapan ke -122 karang Taruna  juga siap  memberikan kontribusi terhadap Kota tercinta.

”Dalam waktu dekat kita akan lakukan semacam pelatihan terhadap anggota  satupena, seperti bimtek agar mereka lebih paham apa yang harus dilakukan dilapangan,”ungkapnya.

Selain pengukuhan Satupena, dan pelantikan pengurus Karang taruna se Kelurahan dan Kecamatan Balikpapan Barat,  kita juga melaksanakan kegiatan , seperti yang digelar Karang Taruna dikariangau yang sudah ada dan rutin,  yaitu lomba perahu ketinting, dan ini akan kita tingkatkan bukan hanya ke tingkat kecamatan tapi kita usahakan ketingkat provinsi ,”kata Muhaimin.*ben

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here