Kutai Timur Akan memiliki Pabrik Semen Dengan Kapasitas 8 Juta Ton Pertahun

0
16 views
Gubernur Kaltim Isran Noor didampingi Wagub Hadi Mulyadi, Ismunandar Bupati Kutim saat bersama pejabat perusahaan Hongshi Holding dari Cina.(foto. Fuji Humas)

Penasatu.com, Samarinda– Perusahaan dari  Zhejian Cina , Hongshi Holding direncanakan akan membuka  Pabrik semen di desa Sekerat, Kecamatan Bengalon Kabupaten Kutai Timur dengan menggandeng Kobexindo. Seandainya ini menjadi kenyataan maka perekonomian  Kutim di tahun depan akan semakin bergairah.

Ini dilatar belakangi pertemuan dan MOU dengan Presiden tahun lalu terkait percepatan Investasi,

“Maka kami menindak lanjuti dengan Presentasi rencana kerja sama ini,” ujar Deputy Direktur Hongshi Holding Xu xing.

Dalam pertemuan dengan Pemrov Kaltim, yang  langsung dipimpin Gubernur Kaltim Isran Noor, Wagub Hadi Mulyadi, Bupati Kutim Ismunandar yang didampingi Seskab Irawansyah, Asisten Perekonomian Pembangunan Rupiansyah, Kepala PTSP PMD Darmawansyah, Kepala Bagian Humas dan Protokol Imam Sujono Lutfi dan pejabat  Pemprop Kaltim, Jum’at (15/3) di Kantor Gubernur, Jl. Gajah Mada No.2 Samarinda.

Xu xing kepada Gubernur menyatakan siap menanamkan modal investasi senilai USD 1 miliard atau sekitar 14 triliun rupiah pertahun guna menyokong produksi semen 8 juta ton pertahunnya. Investasi ini khusus di gelontorkan dalam mengelola potensi semen yang ada di Kutim, dengan target adanya tenaga kerja yang akan diserap sebanyak 1.000 orang.

Harapannya tahun depan atau kalo bisa akhit tahun ini kami (Hongshi Holding) sudah mulai beroprasi. Itu jika syarat dan prosedur sudah sesuai, maka kami akan berjalan, jelas Xu xing.

Untuk kelancaran rencana investasi ini, Xu Xing meminta dukungan Pemprov Kaltim dan Pemkab Kutim khususnya. Sebagai wujud keseriusannya berinvestasi.

Xu xing membawa serta belasan manajemen Hongshi Group, seperti President Director U Shaofu Limawan Holding Deputy General Manager Guo Qizheng Indonesia Region Chairman Hu Shuguang untuk berdiskusi langsung membahas hal-hal teknis terkait investasi dimaksud.

Termasuk pula perwakilan dari Pemprov Zhezian, seperti Senior Staff Member of Opening Up and Development Division Fang Ying, Division Chief of Planning and Development Gu Shuxiong serta Deputy  Division Chief of Economic Press Affairs.

Rencana investasi triliunan rupiah ini mendapat sambutan positif dari jajaran Pemprov Kaltim dan Pemkab Kutim, terutama Gubernur Kaltim Isran Noor dan Bupati Kutim Ismunandar,  serta pejabat lainnya.

Menutup pertemuan sesi pertama sebelum Sholat Jumat, pihak Honshi Holding  bertukar cinderamata dengan Gubernur Kaltim Isran Noor  dilanjutkan Ismunandar.

Intinya baik Pemprov Kaltim maupun Pemkab Kutim mendukung rencana investasi ini asal berdampak positif terhadap daerah dan tidak merusak lingkungan.***

sumber: Humas 3 Kutim.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here