Kapolres : Tolak Hoaks, Jadikan Pilkada Mabar 2020 Aman,Tentram dan Harmonis

0
31

Reporter: Alfonsius Andi

Penasatu.com-Manggarai Barat.NTT- Dalam Konteks Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 9 Desember 2020, Polres Manggarai Barat (Mabar) Tak hanya melakukan giat pengamanan dan penertiban seperti patroli, operasi dan razia. Demi mewujudkan wilayah hukum yang aman, nyaman, tentram dan harmonis bagi masyarakatnya.

Polres Manggarai Barat di bawah Kapolres AKBP Bambang Hari Wibowo SIK, M.Si telah banyak melakukan giat pengamanan juga silaturahmi kepada Tokoh lintas Agama, salah satunya kunjungan Kapolres kebeberapa tokoh agama seperti, Pastor Paroki Roh Kudus Rm. Aloysius Gambur.Pr, Pastor Paroki Maria Bunda Segala Bangsa Rm. Adrianus Obot.Pr, Tokoh Adat Bapak Petrus, Ketua NU Mabar H. Ishak M. Jabil dan Ketua Hatib Mabar Ustad Komarudin, Selasa (22/9/20).

Dalam kunjungannya, Kapolres menggandeng para tokoh agama ini untuk mendukung penuh kinerja Polri, khususnya dalam mewujudkan ‘Pilkada Manggarai Barat yang Netral, Jujur, Adil, Aman, Tertib dan Kondusif.

Salah satunya adalah giat kunjungan ke Tokoh–tokoh lintas Agama atau yang biasa disebut dengan silaturahmi atau anjangsana. Seperti yang telah dilakukan oleh Kapolres Manggarai Barat hari Selasa (22/09/2020). Menjelang pelaksanaan penatapan pasangan calon Pilkada Kabupaten Manggarai Barat Tahun 2020, giat silaturahmi atau anjangsana ke tokoh agama merupakan salah satu agenda penting yang akan dan terus dilakukan oleh jajaran Polres Manggarai Barat.

Dalam sambutannya Kapolres mengatakan, kedatangan kami ini dalam rangka silaturahmi serta memperkenalkan diri sehingga dapat membina keakraban antara Polri dan tokoh agama serta meminta doa dari tokoh-tokoh agama agar pelaksanaan tugas di wilayah hukum Manggarai Barat berjalan aman dan lancar.

“Kami selaku pihak keamanan mengharapkan agar tokoh-tokoh agama membantu kami dalam mengimbau umat untuk bersama–sama menjaga kamtibmas serta dapat mengikuti Protokol kesehatan terkait wabah Covid-19 yang berkembang di wilayah kita,” ujar Kapolres

Kapolres mengimbau, mengingat saat ini Kita dihadapkan dengan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) diharapkan masyarakat untuk tidak mudah terprovokasi dengan isu–isu politik yang berkembang. Dan kesempatan ini juga kami meminta bantuan dari tokoh–tokoh agama selalu memelihara situasi kamtibmas yang aman dan damai di setiap tahapan–tahapan Pilkada sampai pemilihan yang akan dilaksanakan pada tanggal 09 Desember 2020 mendatang,” imbaunya.

Sebagai tokoh agama, tentunya mampu menjadi contoh dan tauladan bagi jemaatnya, dan giat silaturahmi dan anjangsana ini juga dirasa membawa impact positif bagi masyarakat Manggarai Barat, khususnya dalam menyikapi gelaran Pilkada Tahun 2020, punkas Kapolres.

Selanjutnya, Pastor Paroki Roh Kudus Rm. Aloysius Gambur, Pr menyampaikan beberapa hal mengenai penanganan pandemik Covid-19 di lingkungan Pastoran dan juga mengimbau masyarakat agar tidak mudah terprovokasi oleh situasi politik yang berkembang

“Mengenai penyebaran wabah Covid-19, kami sebagai Pastor di Paroki ini ( Roh Kudus) di dalam kegiatan Misa hari Minggu, kami selalu mengimbau Umat agar memperhatikan peraturan protokol kesehatan, demi meminimalisir atau memutus penyebaran wabah ini,” ungkap Pastor Paroki Roh Kudus

“Pada saat ini memang kita dihadapkan oleh Pilkada, maka dari itu kami sebagai Pastor Paroki selalu mengimbau Umat agar tidak mudah terprovokasi oleh situasi politik yang berkembang dan bekerja sama dengan polres Manggarai Barat untuk menjaga keamanan dalam setiap tahapannya serta semoga Polri tetap jaya,” tambahnya

Selain itu, Ketua NU Mabar H. Ishak M. Jabil juga menyampaikan mengenai penanganan pandemik Covid-19 dan pelaksanaan Pilkada 2020 Damai.

“Mengenai wabah Covid-19, kami sebagai Pimpinan umat Islam yang ada di wilayah Manggarai Barat ini selalu mengimbau kepada masyarakat agar memperhatikan peraturan protokol kesehatan, demi memutus penyebaran wabah Covid-19 ini,” imbau Ketua NU Mabar.

“Kita juga selalu memberi imbauan kepada umat agar tidak mudah terprovokasi oleh situasi politik yang berkembang di dalam masyarakat dan selalu siap untuk bekerja sama dengan Polres Manggarai Barat untuk menjaga keamanan, karena Kami juga mengaharapkan Pilkada ini berjalan dengan Aman dan Damai,” harapnya.

Tolak Hoaks atau berita bohong, mengimplementasikan ajaran agama dan sila-sila dalam Pancasila serta tidak menjadikan tempat ibadah menjadi panggung politik merupakan tujuan dari giat silaturahmi dan anjangsana Kapolres Manggarai Barat. Besar harapan semua, gelaran Pilkada Manggarai Barat Tahun 2020 berjalan Netral, Jujur, Adil, Aman, Tertib dan Kondusif.*

Editor: penasatu.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here