Kali Pertama SDN 004 Balkot Gelar Pensi dan Bazar

0
192

Sri Suyanti SPd, MM : Di harapkan sekolah ini bisa lebih dikenal masyarakat.

PENASATU.COM, BALIKPAPAN – Tarian Leleng yang dibawakan siswa/siswi kelas empat Sekolah Dasar Negeri (SDN) 004, Klandasan Ulu, Kecamatan Balikpapan Kota (Balkot) mengawali pembukaan acara Pensi (Pentas Seni) dan Bazar.

Dalam meningkatkan potensi yang dimiliki anak didiknya, SD 004, Klandasan Ulu, menggelar kegiatan Pensi dan Bazar, di halaman sekolah, Sabtu (13/12/2019). Dan Tarian Lelang dari Kalimantan Timur (Kaltim) yang dibawakan cukup memukau penonton.

Kegiatan Pensi dan Bazar dihadiri Gustri Darian Noor SPd .MM selaku perwakilan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) sekaligus Pengawas SD Se-Kecamatan Balikpapan Kota, Lurah Klandasan Ulu, Ketua RT, instansi terkait dan sejumlah orang tua murid.

Dengan mengangkat tema “Membangun Kreativitas dan Karakter Peserta Didik Melalui Pentas Seni dan Kewirausahaan” diharapkan dapat meningkatkan potensi yang dimiliki anak didik SD 004 Balkot.

“Kegiatan pensi dan bazar yang hari ini merupakan gelaran yang baru pertama kali dilaksanakan di sekolah kami,” kata Kepala Sekolah Sri Suyanti SPd, MM.

Akses sekolah yang berada di dalam gang dan dihimpit bangunan besar Hotel Mega Lestari dan Kantor PLN tentu saja banyak orang yang tidak mengetahui keberadaan sekolah tersebut. Namun dengan gelaran Pensi dan Bazar diharapkan sekolah ini bisa lebih dikenal masyarakat.

Sri Suyanti juga berterima kasih atas dukungan dan sponsor yang diberikan, hingga kegiatan tersebut dapat terlaksana.

Disamping itu, dengan kegiatan pensi hari ini bisa memperlihatkan dan memperkenalkan potensi dan kreativitas yang dimiliki anak-anak didiknya, selain itu juga dirinya berharap sekolah yang dipimpinnya bisa lebih maju dan terkenal.

Kegiatan pensi ini juga diharapkan dapat terus memotivasi anak-anak didik yang lain agar terus lebih kreatif dan berprestasi.

Hal senanda juga disampaikan Ketua Panitia Renny Ayu Ekawati, menurut dirinya kegiatan pensi yang digelar merupakan kegiatan perdana SD 004 Balkot.

Pensi dan Bazar yang digelar nantinya akan menampilkan hasta karya yang merupakan kerajinan-kerajinan dari peserta didik yang terbuat dari barang-bekas.

Dimana hal tersebut disesuaikan dengan peraturan daerah (perda) Kota Balikpapan yang mewajibkan warga agar semaksimal mungkin meminimalisir penggunaan bahan plastik.

Namun, dirinya tidak menutup kemungkinan penggunaan bahan dasar plastik, seperti botol plastik masih banyak di masyarakat.

itu sebabnya dirinya sebisa mungkin berusaha meminimalisir penggunaan botol plastik dan mendaur ulangnya agar dapat menciptakan sebuah karya yang memiliki estetika dan nilai jual.

Dalam kegiatan pensi SD 004 Balkot juga akan menampilkan pagelaran wayang kulit yang dibawakan Dalang Cilik Anggoro Kesowoaji yang merupakan putra dari Hari Pristiwiaka yang juga merupakan seorang pendalang di Balikpapan.

“Nantinya juga akan ada penampilan anak didik yang akan memainkan alat musik perkusi, dan alat musik yang dimainkan semuanya dari barang-barang bekas, baik seperti ember, baskom bahkan botol kaca bekas,” jelas Renny.

Renny berharap ke depan kegiatan seperti ini bisa terus dilaksanakan, selain dapat mengedukasi anak didik, setidaknya acara seperti ini dapat menggali segala potensi dan kreativitas yang ada pada anak didik, sehingga mereka semua tidak akan segan dan malu-malu untuk mengeksplor bakat mereka dikemudian hari.*

Wartawan: Riel Bagas/Heriyanto
Editor: BS/Penasatu.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here