HUT PMI ke 75, PMI Manggarai Gelar Sosialisasi 4 M dan Penghijauan di Lelak

0
35

Kompak, anggota PMI Manggarai saat Sosialisasi 4 M dan penghijauan di kecamatan Lelak, Manggarai

Reporter : Y.Hande.

Penasatu.com.Manggarai NTT, Peringati Hari Ulang Palang Merah Indonesia (HUT PMI) ke 75. PMI Kabupaten Manggarai gelar Sosialisasi 4 M dan Penghijauan di Desa Bangka Lelak, Kecamatan Lelak, Kabupaten Manggarai, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Sabtu (19/9/20).

Kegiatan sosialisasi 4 M dan penghijauan ini didukung Palang Merah Amerika bagi Palang Merah Remaja (PMR) di SMA Kristen St.Stefanus Ketang, Desa Bangka Lelak, Kecamatan Lelak, Manggarai.

Seperti diungkapkan, Tommy Hikmat selaku Korlap Program PERTAMA DAS PMI Kabupaten Manggarai bahwa kegiatan penanaman pohon yang dilakukan PMI Manggarai menerapkan metode irigasi tetes dengan memanfaatkan botol bekas 1,5 Liter.

Hal ini dilakukan karena dilokasi penanaman sangat kekurangan air dan penggunaan metode ini bisa menahan air selama kurang lebih 2-3 minggu, imbuhnya pada media ini, saat kegiatan.

Tak hanya menanam pohon, PMI Kabupaten Manggarai itu juga menggelar kegiatan Sosialisasi 4 M di SMAK St.Stefanus Ketang, imbuhnya.

“Sosialisasi 4 M, yakni sosilisasi tentang Memakai masker, Menjaga jarak, Mencuci tangan dan Menghindari kerumunan. Ini sesuai Peraturan Bupati No 38 Tahun 2020 tetntang penegakan disiplin dan protokol Covid 19 yg dikeluarkan Pemerintah Kabupaten Manggarai, baru baru ini, bebernya.

Ditambahkan Tommy, untuk itu gerakan 4 M ini harus massif dikampanyekan. Sehingga masyarakat bisa lebih waspada dan angka kasus covid-19 di Manggarai bisa kembali hijau, harapnya.

Sementara Ketua PMI Kabupatan Manggarai Ronny Kaunang mengatakan, PMI sebagai mitra pemerintah berkewajiban untuk membantu mensosialisasikan gerakan ini.

“Kegiatan ini menyasar kepada kelompok remaja dengan tujuan agar mereka terdepan dan menjadi contoh bagi dirinya, teman sebaya maupun lingkungan disekitarnya,” ujar Ronny.

Tak hanya itu sambung Ronny, pada kesempatan ini kami selain sosialisasi juga langsung mempraktekan cara memakai masker, etika batuk dan bersin serta cara mencuci tangan yang benar kepada anak remaja, bebernya.

Disamping sosialisasi juga membagikan masker dan poster bagi peserta dan masyarakat yang memiliki kios atau warung.

Poster bertema”Berbelanja saat New Normal dalam mencegah Covid-19″

Sosialisasi akan terus dilaksanakan di bulan September dengan mengunjungi Sekolah sekolah dan tentunya setelah mendapatkan persetujuan dari pihak sekolah dan memperhatiak intruksi Pemerintah daerah, terangnya.

Ketua PMI itu juga berharap agar PMR SMAK St. Stefanus Ketang juga turut mendukung dan berkomitmen dalam mensosialisasikan Kegiatan 4 M dikalangan sekolahnya maupun pelajar di sekolah lainya, tutup Ronny.

Hadir dalam kegiatan ini, 16 orang yang terdiri dari pengurus, Staf, dan Relawan PMI Manggarai serta diikuti 32 anggota PMR. *

Editor : penasatu.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here