H Safaruddin Dan Budiono Sambangi Petani Tanaman Porang

0
29 views

Balikpapan, Penasatu.com – Guna melihat pembudidayaan tanaman Porang yang berada di wilayah Timur kota Balikpapan. H Safaruddin yang merupakan anggota DPR RI mengunjungi kelompok tani tanaman Porang.

Didampingi Wakil Ketua DPRD Balikpapan Budiono menyempatkan untuk meninjau kelompok tani Daya Taruna yang berada di Kelurahan Lamaru dan kelompok tani Tanam Tua yang berada di Kelurahan Manggar.

Kelompok tani Daya Taruna diketuai Supriyadi, sedangkan kelompok tani Tanam Tuai diketuai Yohanis Pedi.

“Kita masih coba membudidayakan tanaman Porang di Balikpapan, melihat kontur tanah di Balikpapan yang merah dan berpasir,” ucap salah satu petani.

“Tanaman Porang selain memiliki nilai ekonomis tinggi, namun bisa juga sebagai pengganti karbohidrat serta menjadi salah satu bahan pembuatan kosmetik,” sambungnya.

Melihat potensi tersebut, Budiono sangat mengapresiasi apa yang dilakukan para petani dengan membudidayakan tanaman Porang.

Budiono menilai, tanaman Porang saat ini menjadi potensi ekspor ke berbagai negara baik ke Jepang, Cina dan Australia.

Disamping mengunjungi petani, Budiono juga mencoba mendengarkan kebutuhan yang dinginkan petani.

“Saya lihat petani disini mencoba dengan pupuk kandang, maka dari itu pupuk menjadi  kebutuhan para petani, bahkan bukan hanya pupuk, petani juga minta adanya sumur bor,” ucap Budiono.

Nantinya Budiono akan mencoba memfasilitasi dengan dinas terkait untuk melakukan sosialisasi mengenai prospek pengembangan budidaya tanaman porang dan peluang kemitraan pemasaran kepada para petani.(*)

Wartawan : Riel Bagas
Editor : Penasatu.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here