H.Edyanto Arkan Buka MTQ Ke-XIV Kubar di Kecamatan Sekolaq Darat

0
192

Wabup Kubar H. Edyanto Arkan, saat pukul Gong di dampingi ketua dan wakil ketua DPRD Kubar.

Penasatu.com, Kutai Barat – Pembukaan Musabaqah Tilawatil Quran Ke – XIV Kabupaten Kutai Barat Tahun 2019 di Kecamatan Sekolaq Darat, dengan tema” Dengan Semangat MTQ Kita Tingkatkan Minat Baca Dan Bakat Qori-Qoriah Di Bumi Tanah Purai Ngeriman Menuju Generasi Qur’ani Yang Unggul Cerdas Dan Berahlak Mulia”.Itu berlangsung di lapangan sepak bola Kampung Srimulyo. Senin 11/11/2019 malam.

Sebanyak 13 Kecamatan se-Kutai Barat mengikuti MTQ Ke-14, selama lima hari , sejak tanggal 10 sampai 14 Nopember 2019.

Kecamatan Penyingahan, Muara Pahu, Melak, Sekolaq Darat, Barong Tongkok, Linggang Bigung, Tering, Long Iram, Jempang, Bongan, Muara Lawa, Damai, Mook Manoor Bulant. Sedangkan tiga Kecamatan tidak mengikuti yaitu, Bentian Besar, Nyuatan dan Siluq Ngurai .

Pada MTQ selanjut nya di tahun 2020 mendatang yang akan di gelar di kecamatan Muara Pahu selaku tuan rumah.

Pada pembukaan itu terlihat hadir Ketua dan Wakil Ketua dua DPRD Kubar Ridwai, SH, H. Aula, SH, anggota DPRD Kubar,Asisten Satu Setdakab Kubar Misran Effendi, Petinggi Kampung Srimulyo Senin, Waka Polres Kubar Kompol Sukarman, perwakilan Kodim 0912 Kubar Pasiter Kapten Arm Samsul Duha, kepala Dishub Kubar H. Rahmat,perwakilan perbankan serta tokoh agama dan tokoh masyarakat dan Forkopimda.

Ketua Panitia MTQ Ke-XIV yang juga Camat Sekolaq Darat Suwila Erpina, SP, M.Si menyebutkan, penyelenggaraan MTQ Ke XIV tingkat Kabupaten Kutai Barat(Kubar) tahun 2019, berdasarkan surat keputusan Bupati Kutai Barat nomor 800. 05./456/K859/2019.Tentang pembentukan panitia pelaksanaan MTQ Ke-XIV tingkat Kabupaten Kutai Barat(Kubar) tahun 2019.”katanya.

Masih ketua panitia MTQ Suwila menambahkan, kegiatan MTQ Ke XIV bersumber dana dari Dipa Bidang Kesejahtraan Rakyat dan Sosial Setkab Kubar tahun anggaran 2019,dan di tambah dari sumber dana lain yang halal dan tidak mengikat.”terangnya.

Sementara, Wakil Bupati Kutai Barat H. Edyanto Arkan, SE mengatakan, dengan terselenggaranya MTQ tingkat Kecamatan Se-Kabupaten ini diharapkan agar para remaja putra putri khususnya¬† Muslim dapat menjadi orang yang benar-benar bisa menjadi penghafal Alqur’an baik untuk dirinya sendiri, orang lain untuk meneladani dan mengamalkan, amal kebajikan yang berguna bagi bangsa dan negara, ujar Wabup.

Lanjutnya, tujuan MTQ agar masyarakat mencintai Alqur’an dengan membaca, mendengarkan serta mengamalkan Alqur’an itu untuk kehidupan yang bersama-sama dan selaras dengan lingkungannya, selaras dengan sang pencipta sehingga generasi yang kita harapkan yakni generasi yang kuat terhadap perkembangan jaman, terang Edyanto.

Karena, sambungnya lagi, dengan adanya perkembangan jaman itu terkadang tidak selaras dengan kehidupan masyarakat yang ada.

Di contohkannya seperti Hoax atau berita bohong yang sering disebarkan untuk menyudutkan dan memojokkan orang lain.

“Nah, dengan adanya MTQ ini bisa menjadi filter terutama untuk kenyamanan dan ketenangan dalam bersosial di tengah masyarakat yang dapat menciptakan kedamaian di Sendawar ini,”tutupnya.

Wartawan : Ichal.

Editor : EDS/penasaru.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here