Komisi I Kritisi Area Parkir Disdukcapil, Kota Balikpapan Kebanjiran Pendatang

0
189

Kegiatan di Kantor Disdukcapil Balikpapan

PENASATU.COM, BALIKPAPAN – Sempitnya lahan area parkir di kawasan kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Balikpapan, dikritisi oleh Komisi I DPRD Kota Balikpapan yang melakukan inspeksi mendadak (Sidak), Rabu (13/11/2019).

Hari ini, Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Balikpapan, Kalimantan Timur (Kaltim) melakukan sidak di dua kantor dinas berbeda. Pertama Komisi I mengunjungi kantor Dinas Penanamam Modal dan Perizinan Pelayanan Terpadu (DPMP2T), Jl. Ruhui Rahayu, Ring Road, Balikpapan Selatan. Kemudian berlanjut ke kantor Disdukcapil di Jalan MT Haryono.

Jhony Ng Ketua Komisi I DPRD Kota Balikpapan saat sidak Disdukcapil.

Ketua Komisi I Jhony Ng dan anggota komisi lainnya berkeliling melihat proses pelayanan dan sesekali bertanya kepada warga yang mengurus surat kependudukan. Ada beberapa hal yang perlu dibenahi dan meminta untuk meningkatkan pelayanan, dan juga menyoroti akses parkir yang bisa dikatakan sempit.

“Kami melihat pelayanan Disdukcapil masih dalam kategori bagus, namun perlu ditingkatkan lagi mengingat saat ini penduduk yang masuk ke Kota Balikpapan terus bertambah, bahkan informasinya sudah mencapai 1500-2000 orang per bulannya,” katanya. Itu artinya kota ini kebanjiran pendatang.

Maka dari itu menurutnya, pemerintah kota harus benar-benar melakukan evaluasi untuk menghindari dampak dari kehadiran pendatang baik keamanan dan lain-lainnya bagi warga Balikpapan.

Jhony berharap Kota Balikpapan yang merupakan kota penyangga ibu kota negara yang baru harus membenahi semua pelayanan yang ada, agar siapa pun yang datang merasa senang, seperti tidak merasakan sulitnya pelayanan dalam pengurusan surat-surat baik itu kependudukan bahkan surat-surat lainnya.

Sedangkan masalah area yang ada di kantor Disdukcapil, Jhony Ng hanya menyoroti lahan parkir yang menurutnya sempit. “Lahan parkirnya sangat sempit sehingga sangat tidak nyaman bagi warga yang sedang mengurus surat-surat di kantor Disdukcapil saat memarkir kendaraan mereka,” lanjut Jhony.

Menurutnya saat ini pihak Disdukcapil Balikpapan sudah menyarankan, tahun depan akan dibangun sarana untuk parkir yang lebih luas dan lebih baik.*

Wartawan: Riel Bagas
Editor: BS/penasatu.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here