Festival Adat Suku Paser Balik Dimulai

0
2 views
sumpit, Walikota Balikpapan Rizal Effendi menyumpit dengan alat sumpit tradisional dalam pembukaan acara Festival Adat Suku Paser balik

Penasatu.com, Balikpapan – Gelaran Festival Adat Paser 2019 Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) di terminal kedatangan Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan hari ini resmi dibuka, Sabtu (22/6). Festival ini akan berlangsung selama sepekan hingga 28 Juni mendatang.

Walikota Balikpapan HM Rizal Effendi yang datang bersama istri tercinta Arita Rizal Effendi yang di dampingi Kadisdikbud Kota Balikpapan Muhaimin MT, Angkasa Pura I, Dandim, Danlanal, Danlanud, Dewan Kesenian Balikpapan (DKB). Mengawali pembukaan Festival Adat Paser 2019 ditandai dengan sebuah ceremony “Menyumpit” sebuah alat tradisioal berupa sumpit untuk berburu yang dilakukan oleh Rizal Effendi sekaligus membubuhkan tanda tangan.

Rizal sangat mengapresiasi kegiatan ini, menurutnya selama ini masyarakat Balikpapan hanya mendengar Suku Paser Balik sebagai suku asli Kota Balikpapan tanpa mengetahui adat dan istiadat suku tersebut. Rizal juga mendukung atas terselanggaranya kegiatan ini mengingat kegiatan tersebut merupakan proyek perubahan milik DR. Surata M Pd sebagai Kasi Sejarah dan Tradisi, semoga dengan kegiatan ini suku apa pun yang ada di Balikpapan dapat bersinergi membangun Kota Balikpapan nantinya.

Dalam Festival Adat Paser yang berlangsung tidak hanya menampilkan tarian dari suku Paser saja, akan tetapi ada juga tarian dari daerah-daerah lain.

Pengunjung yang hadir pun dimanjakan dengan hadirnya stand-stand kerajinan dari pelaku UKM yang ada di Balikpapan, ada pameran foto-foto tempo doeloe dan buku berjudul “Balikpapan 13 November 1945.”
“Kami sangat respek dengan adanya pagelaran festival suku Paser ini,” komentar beberapa pengunjung.*

Wartawan: Riel Bagas
Editor: BS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here