Elektabilitas AHB Terus Naik, Berada di Peringkat Dua Pada Survei MDI

0
810

Ir.H.Ahmad Basir bersama Istri

Penasatu.com, Balikpapan – Kontestasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Balikpapan yang akan berlangsung 23 September mendatang semakin menarik.

Berdasarkan hasil dua lembaga survei baik Pusdeham dibulan November 2019 lalu dan Master Data Indonesia (MDI) dibulan Februari 2020 terlihat ada kenaikan elektabilitas dari salah satu Bakal Calon (Bacalon) Walikota Balikpapan yakni Ir.H.Ahmad Basir atau karib disapa AHB.

Bahkan AHB diyakini menjadi penantang terbesar bagi Incumbent saat ini, H.Rahmad Mas’ud (RM)

Memang saat ini hasil suvei menunjukan RM masih unggul dibanding dengan kandidat penantang lainnya yang digadang gadang ikut dalam kontestasi politik tahun 2020, namun yang cukup segnifikan adalah hadirnya sosok baru, yaitu AHB yang bertengger diposisi kedua yang juga jauh meninggalkan para seniornya seperti Heru Bambang, Irjen Pol Safaruddin, Abdulloh S Sos, Yaser Arafat Syahril, bahkan Arita Rizal Effendi hanya berada dalam peringkat 10.

Eko Syamsuharlin Direktur Reserch and Consulting PT. Master Data Indonesia (MDI)

Seperti disampaikan Eko Syamsuharlin Direktur Reserch and Consulting PT. Master Data Indonesia (MDI) yang berkedudukan di Makasar pada saat press rilis di Rumah Makan “Yellow Duck” Jln Sungai Ampal, Minggu (8/3/2020).

Dari data survei yang dirilis MDI melalui hasil wawancara dan bertatap muka secara langsung dengan 600 responden yang memiliki hak pilih dan terdaftar sebagai pemilih sejak 9-18 Februari lalu.

Dengan sampel yang dipilih menggunakan metode “Multistage Random Sampling” di 6 Kecamatan dan 34 Kelurahan di Balikpapan dengan Margin Of Eror kurang lebih 4 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen.

Inilah hasil survei dengan persentase dari beberapa bakal calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Balikpapan:

1. Rahmad Mas’ud = 37,2%
2. Ahmad Basir = 16,8%
3. Heru Bambang = 10,1%
4. Irjen Pol Safaruddin = 9,4%
5. Abdulloh = 2,9%
6. Yasser Arafat = 2,5%
7. Syukri Wahid = 1,8%
8. Thohari Aziz = 1,3%
9. Sayid MN Fadli = 1,1%
10. YP. Arita Rizal = 0,7%
11. Sabaruddin Panrecalle = 0,5%
12. Sonhaji = 0,5%
13. Belum menentukan pilihan 15,2%.

“Dari hasil survei Rahmad Mas’ud dan Ahmad Basir yang lebih diunggulkan dibandingkan paslon lainnya, jika Pilkada berlangsung hari ini. Namun perubahan kemungkinan bisa saja terjadi melihat dinamika politik saat ini,” terangnya.

Itu dikarenakan, dimana sampai saat ini dari beberapa partai politik yang ada belum satupun yang terang terangan memberikan rekomendasi guna mengusung paslon yang akan bertarung di Pilkada Balikpapan 2020 mendatang, pungkasnya.*

Wartawan : Eddy/Riel

Editor : EDS/penasatu.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here