DPRD Bondowoso Contoh Pengelolaan APBD Balikpapan

0
148

Kabag Humpro DPRD Balikpapan Yoseph Gunawan dan Kabag Persidangan Asgem Mardi saat menerima rombongan DPRD Bondowoso.

PENASATU.COM, BALIKPAPAN – Jajaran DPRD Kabupaten Bondowos, Jawa Timur (Jatim) secara terang-terangan ingin mencontoh pengelolaan APBD Kota Balikpapan, Kalimantan Timur (Kaltim).

Kamis (21/11/2019) DPRD Kota Balikpapan kembali kedatangan rombongan kunjungan kerja dari Komisi II DPRD Kabupaten Bondowoso. Mereka disambut langsung Kabag Humpro DPRD Balikpapan Yoseph Gunawan dan Kabag Persidangan Asgem Mardi.

Dalam kunjungannya kali ini, rombongan Komisi II DPRD Bondowoso ke Balikpapan karena DPRD Balikpapan dan DPRD Bondowoso sudah sama-sama selesai dalam pembahasan APBD 2020.

Disamping itu DPRD Kabupaten Bondowoso juga ingin mengetahui bagaimana pengelolaan APBD di Kota Balikpapan terutama didalam pembangunan insfrastruktur, karena di Kabupaten Bondowoso prosentase infrastrukturnya masih jauh dari harapan.

Selain itu juga dalam pengelolaan keuangan Kabupaten Bondowoso harus mencontoh Kota Balikpapan dalam meningkatkan PAD, dimana Kota Balikpapan sudah mencapai 700 miliar, sedangkan di Kabupaten Bondowoso baru mencapai 200 miliar.

“Maka dari itu DPRD Kabupaten Bondowoso mencoba bagaimana mengelola potensi pendapatan-pendapatan, seperti apa yang sudah dilakukan Kota Balikpapan,” kata ketua Komisi II DPRD Kabupaten Bondowoso Andi Hermanto.

Sektor pendapatan di Kabupaten Bondowoso ungkapnya, untuk saat ini masih melalui sektor pajak, berbeda dengan Kota Balikpapan yang pendapatan dari pajak hotelnya begitu besar.

Sedangkan retribusi pajak hotel dan restoran di Kabupaten Bondowoso masih jauh dari target pencapaian, meskipun Kabupaten Bondowoso memiliki sejumlah objek pariwisata, namun hal tersebut masih jauh dalam meningkatkan pendapatan.*

Wartawan: Riel Bagas
Editor: BS/Penasatu.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here