Liputan Khusus : Di Kota Makkah, Jamaah WAW Kunjungi Musium Ka’bah

0
143

Rombongan Jamaah Umroh WAW saat di Musium Ka’bah

Penasatu.com, Makkah – Setelah selesaikan rukun Ibadah Umroh rombongan jamaah PT. Wahyu Abadi Wisata (WAW) melanjutkan kegiatannya di Kota Makkah Al Mukaromah dengan mengunjungi beberapa tempat sejarah perkembangan Islam di tanah Haram.

Tujuan pertama berkunjung di masjid Hudaibiyah, Rabu (19/2/20).

Rombongan WAW saat di masjid Hudaibiyah

Masjid ini erat kaitannya dengan peristiwa perjanjian antara pihak Muslim Madinah (yang dipimpin Rasulullah SAW) dengan pihak Quraisy Mekah. Sebagaimana diabadikan dalam Alquran (QS Al Fath ayat 24). Perjanjian itu dilaksanakan di sebuah daerah bernama Hudaibiyah pada bulan Dzulqa’dah 6 Hijriah. 

Dilanjutkan ke Museum Ka’bah, atau disebut juga Museum Haramain. Namun Museum ini lebih populer di kalangan jemaah umrah disebut Museum Ka’bah. Di sini tergambarkan sejarah dua Tanah Suci, yaitu berdirinya Masjidil Haram, Makkah dan Masjid Nabawi, Madinah. 

Jamaah foto bersama Ust Aswan (baju hitam)

Museum ini terletak di Mekkah, sekitar 10 kilometer dari Masjidil Haram. Disini banyak benda-benda bersejarah dipamerkan mulai sejak berdirinya Masjidil Haram dan Masjid Nabawi. sampai proses pembangunan kedepan dari kedua masjid ini.

Kita bisa melihat benda benda yang sudah tak terpakai lagi yang diabadikan di musium ini. Mulai dari Kunci pintu Ka’bah, bingkai batu Hajar Aswat , pintu masjid Nabawi sampai market pembangunan perluasan Masjidil Haram di tahun 2030 mendatang yang sampai sekarang masih dalam penyelesaian dan terus dikerjakan.*

Penulis : eddybpn.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here