Liputan Khusus : Bukit Jabal Tsur Jadi Tujuan Jamaah WAW

0
202

Rombongan Jamaah Umroh WAW saat di Jabal Tsur

Penasatu.com, Makkah – Masih berada di kota Makkah Al Mukaromah rombongan jamaah umroh PT. Wahyu Abadi Wisata (WAW) kembali mengunjungi tempat bersejarah perkembangan Islam.

Kali ini rombongan yang terdiri 52 orang mengunjungi Jabal Tsur. Dimana ada gua Tsur yang di pergunakan Nabi Muhammad SAW bersembunyi dari kejaran kaum kafir Quraisy.

Gua yang hanya setinggi sekitar 1,25 meter dengan luas 3,5 meter persegi. Dan mempunyai dua pintu (lubang masuk) barat dan timur. Lubang barat merupakan pintu masuk yang digunakan Nabi bersembunyi.

Jabal Tsur adalah gunung setinggi 458 meter yang berada di sebelah selatan Kota Makkah. Gua Tsur terletak di puncak Gunung Tsur. Butuh waktu hampir dua jam bila ingin mencapai puncak. Di mana gua Tsur itulah Rasulullah SAW bersama Abu Bakar Shiddieq bersembunyi selama tiga hari dari kejaran kaum kafir Quraisy ketika hijrah ke Madinah Al-Munawwarah.

Berkat kuasa Allah SWT, ketika kaum Quraisy yang mengepung Nabi akhirnya menyerah karena tidak bertemu Muhammad, ini karena di mulut gua bersarang laba-laba menutupinya dengan jaring- jaring tebal. Sementara di sebelah mulut gua bersarang pula merpati dengan bertelur di sana.

Seperti disebutkan dalam al-Qua’an Surat At-Taubat ayat 40, berbunyi Sedang di salah satu daripada dua orang ketika kedua-duanya berada di dalam gua.
Kaum Quraisy yang mengepung Rasulullah SAW akhirnya menyerah karena menganggap tidak mungkin gua itu dimasuki orang untuk bersembunyi. Rasulullah dan Abu Bakar pun kemudian keluar dari gua Tsur, lalu naik onta menuju Madinah.

Dari Bukit Tsur, inilah Rasulullah SAW ditemani Abu Bakar dan Amir bin Fuhairah, seorang penggembala kambing milik Abu Bakar, berangkat menunju Madinah dengan Abdullah bin
Uraiqit sebagai penunjuk jalan. Peristiwa ini menandai awal hijrah Nabi Muhamamad SAW dari Makkah Al Mukarromah ke Madinah Al Munawwaroh.*

Penulis : eddybpn

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here