Dandim 0613/Ciamis Resmikan Jalan Poros Desa Cibuluh, Hasil Gotong Royong TNI dan Warga

0
86

Keterangan foto: Dandim 0613 Cimahi saat resmikan Jalan Poros Desa Cibuluh hasil Gotong Royong Personel Kodim 0613 Ciamis dan warga masyarakat.(istimewa)

Pangandaran, Jawa Barat, Penasatu.com – Kegiatan Yang dilakukan Secara Bergotong Royong antara Prajurit TNI dari Kodim 0613/Ciamis bersama dengan warga di Desa Cibuluh resmi ditutup. Program ini resmi ditutup oleh Dandim 0613/Ciamis ,Letkol Inf Wahyu Alfiysn dan dihadiri oleh Wakil Bupati Pangandaran H. Ujang Endin Indrawan di halaman Kantor Desa Cibuluh, Kecamatan Kalipucang, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, Kamis (29/9/2022).

Hadir pula Kapolres Pangandaran AKBP Hidayat, SH., S.I.K., dan Asda I Setda Kabupaten Pangandaran serta Camat Kalipucang. Selain itu tentunya masyarakat Desa Cibuluh Kecamatan Kalipucang.

Penutupan ditandai dengan penandatanganan penyerhan hasil Program BSMSS Kodim 0613/Ciamis di Desa Cibuluh oleh Dandim dan Wakil Bupati Pangandaran. Selanjutnya dilakukan pemotongan pita dan penandatangan di prasasti serta peninjauan pembangunan rabat beton Jalan Poros di Dusun Cibuluh 1 Rt.006 Rw.002 Desa Cibuluh.

Komandan Kodim 0613/Ciamis Letkol Inf Wahyu Alfiyan Arisandi, S.I.P., M.I.Pol., mengapresiasi semangat warga Desa Cibuluh yang saling bahu membahu dengan Prajurit TNI ditengah cuaca yang tak menentu, menjadi kendala terbesar dalam pembangunan jalan rabat beton di Dusun Cibuluh 1 Rt.006 Rw.002 Desa Cibuluh.

“Suatu hal yang sangat luar biasa, dengan cuaca yang kurang mendukung namun semangat kebersamaan saling bahu-membahu gotong royong dilapangan. Alhamdulillah bisa selesai dan sesuai dengan yang diharapkan,” tutur Letkol Inf Wahyu Alfiyan Arisandi.

Dandim 0613/Ciamis menuturkan apa yang menjadi target utama dari pelaksanaan BSMSS berupa menumbuhkan kembali nilai-nilai leluhur bangsa terlaksana dengan baik dan maksimal disini. Gotong Royong menjadi hal terpenting dari program BSMSS, selain dari pada Kegiatan Fisik maupun Non Fisik lainnya.

“Yang ingin kita tumbuhkan kegiatan gotong royong kebersamaa yang sudah mulai sirna. Sudah mulai pudar dan turun semangat itu, alhamdulillah saya liat disini (Desa Cibuluh) luar biasa semangat itu.,” ucap Dandim.

“Luar biasa saya salut dan bangga atas kebersamaa gotong royong warga Desa Cibuluh. Tanpa itu semua kegiatan ini akan sulit dilaksanakan,” tambahnya.

Komandan Kodim 0613/Ciamis berharap hasil dari kegiatan non fisik BSMSS ini bermanfaat guna mendukung pergerakan dan kemaslahatan bersama. “Tanpa jalan mobilitas pergerakan akan lambat dan bisa dimanfaatkan untuk kemaslahatan kita bersama,” imbuhnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Pangandaran H. Ujang Endin Indrawan menyampaikan, program BSMSS ini salah hal yang berharga untuk menumbuhkan kembali nilai-nilai gotong royong yang sudah mulai pudar.

“Pembangunan rabat beton bisa saja menggunakan redimik, dan itu akan terjaga secara kualitas. Tapi ada nilai yang hilang dan tidak bisa diraih yaitu nilai kebersamaan atau gotong royong. Negara ini ada karena kebersamaan, perjuangan itu dilakukan secara kebersamaan,” kata Ujang Endin saat dilokasi kegiatan non fisik BSMSS Kodim 0613/Ciamis.

H. Ujang Endin berharap program BSMSS Kodim 0613/Ciamis menimbulkan dan memotivasi masyarakat tumbuh kembali rasa kegotong royongan. “Semoga ini bisa menumbuhkan kembali nilai gotong royong di masyarakat yang sudah mulai pudar,” tandasnya.

Program Bakti Siliwangi Manunggal Satata Sariksa Kodim 0613/Ciamis Tahun 2022 di Desa Cibuluh Kecamatan Kalipucang memiliki sasaran pembangunan jalan rabat beton sepanjang 300 meter. Selain itu juga dilakukan penyuluhan kepada masyarakat tentang kesehatan, wawasan kebangsaan dan mitigasi bencana.(*)

Penulis: eds.

Sumber : Kodim 0613 Ciamis

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here