Bupati Resmikan Tiga Kegiatan Sekaligus di Kampung Lotaq Kubar

0
151

Pemotongan pita oleh Bupati Kubar FX.Yapan,SH didampingi Wabup Kubar Edyanto Arkan,SE pada peresmian gedung BPU kampung Lotaq.

Penasatu.com, Kutai Barat – Bupati Kutai Barat FX.Yapan,SH didampingi Wakil Bupati Edyanto Arkan meresmikan bantuan sumur bor oleh Badan Geologi dari pusat dan gedung Balai Pertemuan Umum (BPU) serta meninjau bantuan Corporate Social Responsibility (CSR) pengembangan pemberdayaan masyarakat dari PT.Trubaindo Coal Mining (TCM) di Kampung Lotaq Kecamatan Muara Lawa, Selasa (4/2/2020).

Pada peresmian itu nampak hadir Camat Muara Lawa Suhaini, perwakilan Kodim 0912 Kubar Danramil Muara Lawa Kapten Inf.Rohim, Camat Damai Fransisko, para petinggi.Kepala Dinas Pendidikan Kubar Silvanus Ngampun, Kepala Dinas BPMPK Kubar Faustinus Syaidirahman, Kapolsek Muara Lawa Iptu Hartono, Asisten I Setdakab Kubar Misran Effendi, Kadishub Kubar Rahmat, Asisten II Setdakab Kubar Ayonius, perwakilan DPRD Kubar, Kadis Kominfo Kubar Mobilala, Kadis Perikanan kubar S.Alexander Samson, Kadis Perindagkop Kubar Salomon Sartono, Kadis PU-PR Kubar Pilip, Kasia sosial Kubar Afeng.

Dalam sambutan tertulisnya Bupati Kutai Barat FX.Yapan,SH mengungkapkan, semoga dengan terlaksananya ragam kegiatan ini akan semakin mendukung “terwujudnya Kutai Barat yang semakin adil, mandiri dan sejahtera berlandaskan serta peningkatan kualitas sumber daya manusia, untuk har√¨ esok yang lebih baik dari pada hari ini.

Pada hari ini kita melaksanakan tiga agenda sekaligus yang merupakan wujud percepatan pembangunan bagi warga masyarakat khususnya di kampung Lotaq Kecamatan muara lawa ini. Pertama bantuan sumur bor dan perlengkapannya sebagai program pemerintah pusat melalui kementerian energi dan sumberdaya mineral dan badan geologi tata air dan tata lingkungan, terang Bupati.

Atas nama pemerintah kabupaten Kutai Barat, saya mengucapkan terima kasih dan memberikan apresiasi yang sebesar besarnya dengan di berikan bantuan sumur bor senilai Rp.501.457.338, oleh pemerintah pusat. Pada tahun ini ada empat kampung yang di usulkan lagi untuk memperoleh bantuan sumur bor yaitu kampung Terajuk, Nyuatan, Penawai,Siluq Ngurai, Tondoh dan Gunung Rampah kecamatan Mook Manaar Bulant, beber Yapan.

Masih lanjut Bupati, yang kedua terkait dengan keberadaan gedung BPU yang di bangun dari ADD sebesar Rp.542.390.000,- Saya harap seluruh warga turut serta memelihara, merawat keberadaan fasilitas publik ini. Karena sarana maupun prasarana yang di sediakan tentu memiliki tujuan akhir untuk meningkatkan kesejahteraan serta kesehatan dan taraf hidup masyarakat.

“Hal ini merupakan bukti nyata kepedulian, perhatian pemerintah pusat dalam membangun Indonesia dari daerah pinggiran dan memperkuat pembangunan kampung sebagai kerangka negara kesatuan NKRI,” tegas Bupati.

Yang Ketiga, saya pun mengapresiasi kepada PT.TCM yang telah mengimplementasikan secara nyata program CSR nya di kampung lotaq ini. Lebih jauh saya mengharapkan kegiatan CSR yang ada dapat terus di tingkatkan dalam rangka ikut mensukseskan visi dan misi dalam pembangunan di Kutai Barat,” pinta Yapan.

Sementara Camat Muara Lawa Suhaini mengatakan, pada peresmian bantuam sumur bor dan gedung BPU yang bersumber dari dana desa tahun 2018 serta peninjauan bantuan CSR PT.Trubaindo Coal Mining(TCM). Untuk lokasi pembangunan sumur bor ini sudah ada legalitas surat tanahnya dengan ukuran 15X15 atau 225 meter persegi. Dimana tanah tersebut telah mendapat hibah dari pak Madui dan ahli warisnya. Demikian dengan gedung BPU juga sudah memiliki legalitas. Dan untuk rumah warga masyarakat yang sudah terpasang instalasi guna penyaluran air dari sumur bor sebanyak 65 rumah, ujarnya.

Saya, sambung Suhaini, atas nama pemerintah Kecamatan Muara Lawa dan masyarakat Kampung Lotaq ingin menyampaikan terima kasih kepada badan geologi pusat dan pemerintah yang telah membantu membangun sumur bor di kampung lotaq dan ini sangat bermamfaat bagi warga kami.

Dikarenakan air sungai yang ada tidak bisa lagi di kosumsi masyarakat seperti dulu, sebelum ada perusahaan dan pencemaran air limbah. Dan kami juga menyampaikan terima kasih  kepada PT.TCM kepada forum CD Contraktor yang sudah membantu perbaikan jalan, pungkasnya.

Wartawan : Ichal.

Editor : EDS/penasatu.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here