PT.TCM Serahkan Bibit Coklat pada Kegiatan CSR Di Kampung Lotaq, Dihadiri Bupati Kubar

0
203

Admin mine manager Achmad Mamduh Serahkan Bibit kepada warga Kampung Lotaq di saksikan Bupati dan Wabup Kubar

Penasatu.com, Kutai Barat – Peninjauan program pemberdayaan kemasyarakatan PT.Trubaindo Coal Mining (TCM) di Kampung Lotaq Kecamatan Muara Lawa oleh Pemerintah Kabupaten Kutai Barat (Kubar), Selasa(4/2/2020).

Admin Mine Manager PT.TCM Achmad Mamduh menyerahan secara simbolis bibit pohon coklat kepada tiga orang perwakilan masyarakat Kampung Lotaq di saksikan oleh Bupati FX.Yapan dan Wakil Bupati Kubar Edyanto Arkan, Asisten I Setdakab Kubar Misran Effendi, Asisten II Setdakab Kubar Ayonius, Perwakilan Kodim 0912 Kubar Danramil Muara Lawa Kapten Inf.Rohim, Kapolsek Muara Lawa Iptu Hartono serta kepala OPD yang hadir, disamping Muspika Kecamatan Muara Lawa, pengurus Kampung Lotaq, Petinggi, Ketua BPK, serta Kepala adat dan masyarakat Kampung Lotaq.

Ketua Pokja Kelompok Kampung Lotaq Maskur menyebutkan, dengan adanya bantuan CSR dari PT.TCM ini sangat membantu. Seperti dengan adanya rumah burung walet, yang di bangun oleh PT.TCM bisa menunjang perekonomian masyarakat Kampung Lotaq, disamping sebagai modal usaha warga.”ungkapnya.

Admin Mine Manager PT.TCM Achmad Mamduh mengatakan, saya pada kesempatan ini mewakili Management PT.Trubaindo Coal Mining (TCM) menyampaikan Program Community Development yang berada di Kampung Lotaq, dengan beberapa kegiatan di antaranya yaitu, program di bidang pemberdayaan ekonomi masyarakat seperti
peternakan dengan menyiapkan bibit babi, perkebunan dengan bibit karet unggul untuk berkelompok dan juga menyiapkan bibit coklat sebanyak 2.000 bibit bagi 8 Kepala Kelurga, katanya.

Selain itu, sambungnya Achmad Mamduh, juga ada budi daya sarang burung wallet yang sudah ada sebanyak 8 unit sejak tahun 2015-2017 yang dibagi menjadi delapan kelompok di antaranya, Kelompok gereja GKKAI, GPDI, GSJA, Katholik dan kelompok masyarakat. Selain gedung walet juga di berikan bantuan pupuk dan peralatan pertanian untuk delapan kelompok lainnya, beber Achmad.

“Program di bidang kesehatan masyarakat, program Kampung KB dan program posyandu yang dilakukan secara rutin. Program di bidang Pendidikan, Study banding ke P4S kelompok Lawkawar Balikpapan untuk meningkatkan competency petani binaan, program di bidang infrastruktur masyarakat, rehab sekolah SD No 009 tahun 2018. Support pembangunan beberapa gereja di lotaq, juga support terhadap pembangunan kesenian. Program di bidang Sosial Budaya masyarakat, support fasilitas kesenian untuk kampung Lotaq. Semua program tersebut di laksanakan berdasarkan usulan dari masyarakat melalui forum komunikasi masyarakat (FKM) dan pelaksanaan dari kegiatan ini juga adalah merupakan dari pihak masyarakat, dan di awasi oleh team CDO kami, terang Achmad Mamduh.

Harapan kami Program pemberdayaan masyarakat ini dapat bermanfaat bagi masyarakat kampung lotaq. Dan dapat di awasi serta didukung bersama sama oleh pihak muspika Muara Lawa dan pengurus Kampung Lotaq. Mengingat saat ini semua program pemberdayaan masyarakat sudah masuk dalam document rencana Induk Kementrian ESDM.”pungkasnya.

Selanjutnya kami juga berharap Bapak Bupati beserta rombongan nantinya dapat meninjau langsung beberapa program yang sudah kami laksanakan bersama sama dengan masyarakat Kampung Lotaq, tutupnya.*

Wartawan : Ichal.

Editor : EDS/penasatu.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here