Bupati Rayakan Natal Oikumene dan Tahun Baru 2020 Bersama Umat Kristiani Mahulu

0
145

Bupati Mahulu Bonifasius Belawan Geh,SH saat foto bersama .

Penasatu.com, Mahakam Ulu – Perayaan Natal Oikumene 2019 dan tahun baru 2020, Kabupaten Mahakam Ulu yang berlangsung di Gedung Balai Pertemuan Umum (BPU) Kampung Ujoh Bilang, Kecamatan Long Bagun, Mahakam Ulu (Mahulu), Jum’at (10/1/20).

Pada perayaan Natal Oikumene kali ini Pemerintah Kabupaten Mahakam ulu bersama dengan umat kristiani mengangkat, tema” Hiduplah Sebagai Sahabat Bagi Semua Orang” Yohanes 15.14-25.

Dalam sambutannya Bupati Mahakam Ulu Bonifasius Belawan Geh,SH mengatakan, Masih dalam sukacita bersama, yaitu perayaan Natal 25 Desember 2019 dan semangat Tahun Baru 2020.

Bupati Mahulu Bonifasius Belawan Geh,SH saat menyalakan lilin

“Ijinkan Saya mengundang kita semua untuk bersama-sama memanjatkan puji dan syukur kepada Tuhan Yesus Kristus, Allah kita yang luar biasa. Karena atas kasih dan Karunianya kita masih diberikan kesehatan dan kesempatan untuk menghadiri acara perayaan Natal Oikuemen Umat Kristiani Kabupaten Mahakam Ulu tahun 2020 ini. Dan salam hormat dan salam sejahtera juga terima kasih kepada Umat Kristiani Khususnya dan seluruh warga masyarat Mahulu pada umumnya. Karena telah rela dan tulus ikhlas dalam menyediakan waktu yang berharga demi untuk hadir diacara perayaan Natal Oikumene, tuturnya

Perayaan Natal Oikumene sesungguhnya merupakan simbol persatuan dan kedamaian kepada seluruh umat Kristiani dan umat yang lainnya. Simbol ini sebagai penanda bahwa sesunggunya, kita semua manusia adalah sama di mata Tuhan kita, Allah yang maha segalanya, tegas Bonifasius.

Jika dahulu Oikumene adalah usaha penyatuan gereja-gereja Katolik maupun Kristen yang disatukan oleh kekuasaan. Dewasa ini, perayaan Oikumene merupakan upaya untuk kembali sebagai fitrahnya manusia, yaitu manusia sebagai makhluk sosial, yang hidup berdampingan antar satu dengan yang lainnya, tanpa memandang suku, agama, maupun ras yang dimilikinya, imbuh Bupati.

Dan dengan perenungan tema Natal 2019 yaitu; ”Hiduplah sebagai Sahabat bagi semua orang” (Yohanes 15:14-15), kita diajak untuk meletakkan kepentingan pribadi maupun kelompok dibawah kepentingan iman kita, untuk menjadi sahabat bagi semua orang. Atas dasar ini kita diingatkan bahwa, menjadi sahabat adalah hasrat untuk mengoreksi relasi kita dengan semua orang, yang didasari pengormatan, ketulusan kesetaraan, dan cinta kasih. Sesungguhnya, dalam perenungan tema ini, merupakan dasar dalam berkehidupan di dalam segala kondisi dan keadaan, tuturnya.

Natal adalah perayaan Hari kelahiran Yesus Kristus Tuhan kita. Kelahiran Yesus Kristus tidak berlangsung di gedung megah dan dalam keadaan yang serba lengkap. Melainkan di kandang domba yang sederhana, lahir di palungan beralaskan jerami (Lukas 2:1-20). Makna dari hal ini sesungguhnya sangat relevan untuk kita pedomani. Disebabkan karena kehidupan sosial ekonomi rata-rata masyarakat Kabupaten Mahakam Ulu yang masih berada pada taraf yang sederhana, tutur Bupati

Di sinilah peranan Pemerintah Kabupaten Mahakam Ulu hadir sebagai sahabat dan penggerak sosial dan ekonomi masyarakat. Dengan program unggulan Gerbangmas, membantu masyarakat untuk mendapatkan kemudahan pada bidang kesehatan, transportasi, administrasi kependudukan, hingga kepada teknologi dan informasi. Secara bertahap kita telah membuka keterisolasian daerah dengan membuka akses jalur darat, walaupun masih dalam keadaan yang kurang baik ketika musim penghujan tiba.


Selain itu, landasan bergeraknya sosial ekonomi, kita letakkan pada fondasi yang kokoh, yaitu dengan memberikan Alokasi dana yang di setiap kampungnya, untuk membangun fasilitas infrastruktur agar seluruh pembangunan kampung dapat dirasakan secara merata. Secara bertahap selama periode 2016 hingga 2019, peningkatan status kampung, saat ini hanya tersisa 7 kampung dari 28 kampung yang terklasifikasi dalam kampung yang sangat tertinggal. Dan dari 4 kampung yang berkembang, hingga tahun 2019 terdapat 16 kampung yang telah terklasifikasi menjadi kampung yang berkembang. Dan pada tahun 2019 pula terdapat 4 kampung yang masuk dalam kategori maju.

Ini adalah hasil dari kerja keras kita semua untuk memajukan Mahulu dengan berlandaskan kepada kerja sama antar lini, dari jajaran Pemerintah Kabupaten, Pemerintah Kampung, hingga masyarakat itu sendiri.

Dan secara tidak langsung, entah disadari atau tidak, inilah wujud persahabatan lintas elemen. Sebagai sahabat kita saling berjabat erat untuk bersama-sama memajukan daerah yang kita cintai ini sejahtera; berkeadilan untuk semua.

Tentu saja usaha-usaha pembangunan yang telah kita lakukan bersama-sama tidak lepas pula dari doa seluruh elemen masyarakat. Untuk itu, pada kesempatan ini dan masih di dalam suasana suka cita Natal ini, Saya memohon doa kepada seluruh lapisan masyarakat untuk terus mendoakan Kabupaten ini, agar dapat lebih maju dan berkembang. Dan pengharapan Saya pada tahun yang baru ini, Saya ingin mengajak seluruh elemen dan lapisan masyarakat untuk memperbaharui semangat, pengharapan dan keyakinan kita. Dengan iman, pengharapan, dan kasih marilah kita bersama-sama mewujudkan dan membangun Kabupaten Mahakam Ulu untuk semua, sejahtera dan berkeadilan.” Ungkapnya

Dan pada kesempatan ini pula Saya ingin menyelipkan suatu permohonan doa kepada para Pastor, Pendeta, Suster, Bruder beserta seluruh masyarakat Kabupaten Mahakam Ulu, untuk terus mendoakan seluruh jajaran pemerintah aparatur Sipil Negara yang mengabdi kepada Pemerintah, agar dalam bekerja selalu melandaskan rasa takut akan Tuhan, serta dijauhkan dari segala keinginan yang tidak baik. Dan dari atas pengharapan doa tersebut, semoga kedepannya sebagai pengabdi dan pelayan masyarakat, akan membawa kemajuan bagi Kabupaten Mahakam Ulu.”pungkasnya.

Selamat merayakan Natal dan selamat memasuki Tahun Baru 2020 kepada seluruh masyarakat Kabupaten Mahakam Ulu. Semoga dengan suka cita Natal, kehidupan rohani kita semakin dikuatkan, dan semoga tahun 2020 menjadi lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya. Kiranya kasih karunia Tuhan Allah Bapa selalu beserta kita sekalian.” tutupnya Bupati.

Perayaan dimeriahkan oleh Maria Priscila, mantan Indonesia Idol ke tiga dan dihadiri sekitar 500 umat Kristiani Mahulu.

Nampak hadir, Sekda Mahulu Yohanes Avun, Kapolres Kutai Barat AKBP Roy Satya Pura, Dandim 0912 Kubar Letkol Inf Anang Sofyan Effendi, Kasdim 0912 Kubar Mayor Inf Wahyudi, Kasi Intel Kejaksaan Negeri Kubar Ricky Pengabeyan, Kapolsek Long Bagun AKP Purwanto, Danramil Long Bagun Ledtu Inf Wayan, Ketua TP-PKK Mahulu Yopita Bulan, anggota DPRD Mahulu, seluruh OPD dan undangan.*

Wartawan : Ichal.

Editor : EDS/penasatu.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here