Bupati Kubar FX Yapan.SH, Buka Secara Resmi Kegiatan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat ( BBGRM) Ke-16.

0
0 views
Bupati Kutai Barat FX. Yapan, SH saat pembukaan

Penasatu.com – Kutai Barat – Pencanangan Bulan Bhkati Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) Ke-16, Hari Kesatuan Gerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (HKG – PKK) Ke- 47 dan Gelar Teknologi Tepat Guna Ke- 6 Kabupaten Kutai Barat Tahun 2019 resmi dibuka Bupati Kutai Barat FX Yapan.SH di Lapangan Sepak bola Kampung Jengan Danum Kecamatan Damai, Kamis (4/7/2019).

Hadir Wakil Bupati Kutai Barat Edyanto Arkan, Sekretaris Daerah Yacob Tullur, Asisten I Bidang Pemerintahan, Hukum Dan Kesra Setkab Kubar Misran Efendi, Kepala Dinas DPMK Kubar Faustinus syadirahman, Dandim 0912 Letkol Inf Anang Sofyan Efendi, Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan, Kampung dan seluruh kader PKK berserta unsur Forkopimda.

mengusung tema ” Dengan Semangat Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat, Kita Tinggkatkan Peran Lembaga Kemasyarakatan, Kinerja Gerak PKK Dan Teknologi Tepat Guna Menuju Kutai Barat Yang Berdaulat Selaras Dengan Program Pemerintah” di rangkai dengan Ritual penyambutan tamu, persembahan tari Kolosal dan pembacaan sejarah singkat PKK dan LPM.

foto. Penandatanganan Piagam peresmian sarana dan prasarana yang menggunakan dana Kampung dan Alokasi Kampung pada Kecamatan Damai oleh Bupati Kutai Barat.

Dalam sambutannya, Bupati Kutai Barat mengatakan, saya selaku Kepala Daerah tentu menyambut baik dan memberi apresiasi yang setinggi-tingginya atas terlaksananya kegiatan yang dilaksanakan di Kampung Jengan Danum Kecamatan Damai ini. “Semoga melalui kegiatan ini bukan saja menjadi kegiatan yang bersifat rutinitas semata, namun lebih dari pada itu, kegiatan ini dapat memberikan efek positif dan manfaat yang sebesar-besarnya, khususnya bagi terciptanya penguatan integrasi sosisal dalam pelaksanaan pembangunan serta dapat meningkatkan rasa memiliki dan rasa tanggung jawab masyarakat terhadap hasil-hasil pembangunan yang telah dicapai,” pesannya.

Sambung FX Yapan lagi, Kegiatan yang dilaksanakan ini merupakan agenda tahunan skala Nasional yang juga dilaksanakan di Kabupaten Kutai Barat. Hal ini menandakan bahwa momentum peringatan ini memiliki kedudukan yang cukup penting dan strategis terutama dalam mendorong dan miningkatkan kepedulian dan peran aktif masyarakat untuk terus membudayakan dan melestarikan semangat kegotong-royongan yang telah menjadi jati diri, karakter dan ciri khas masyarakat. Kemudian dalam memperingati Hari Kesatuan Gerak PKK ke-47, Gerakan Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga ( PKK) sebagai pembangunan masyarakat yang tumbuh, oleh dan untuk masyarakat selama ini di akui keberadaannya di dalam masyarakat sejalan dengan visi Gerakan PKK yaitu Terwujudnya keluarga yang beriman bertaqwa kepada Tuhan, terangnya.

Urainya lagi, setelah pada tanggal 27 Juni 2019 lalu telah dilaksanakan Peringatan Hari Kesatuan Gerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (HKG-PKK) ke-47 tinggkat Provinsi Kalimantan Timur dengan sukses. Berikut keberhasilan yang berhasil diraih oleh Tim Penggerak PKK Kabupaten Kutai Barat yaitu, Juara III panji keberhasilan PKK, Juara I lomba IVA Test, juara II Lomba Penyuluhan Tentang Stunting, Juara II lomba Penyuluhan Pola Asuh Anak dan Remaja (PAAR), juara III lomba Administrasi UP2K, Juara Harapan II merias Wajah tanpa cermin, juara harapan III lomba penyuluhan BKB serta juara Harapan VII lomba busana santai khas Daerah. Sekiranya keberhasilan yang telah di raih oleh Tim PKK Kutai Barat ini dapat dipertahankan prestasinya sehingga mampu memotivasi seluruh Tim PKK yang ada di tiap-tiap Kecamatan hingga kampung untuk dapat menoreh prestasi yang terbaik.

Masih dalam rangka pemerataan pembangunan, imbuh Yapan lagi, pada hari ini juga dilaksanakannya peresmian beberapa sarana dan prasarana Kampung yang terdapat di Kecamatan Damai, antara lain semenisasi Jalan Kampung dan pembangunan pustu yang terletak di kampung Lumpat Dahuq, kedua pembangunan gedung PAUD, pembangunan dua rumah sewaan dan pembangunan gedung pelatihan di Kampung Jengan Danum, Pembangunan pustu di kampung Tepulang,Pembangunan gedung PAUD di Kampung Muara Tokong, Pembangunan Jembatan ulin di Kampung Sempant, Pembanguanan Gedung PAUD di Kampung Damai Seberang, pembangunan Kantor Petinggi di Kampung Besiq dan pembangunan gedung PAUD di Kampung Muara Niliq.

“Pembangunan sarana dan prasarana ini tentu dengan tujuan memfasilitasi kebutuhan-kebutuhan yang ada dimasyrakat tanpa harus pergi ke kampung lain yang memiliki sehingga memudahkan masyarakat dalam aktifitas sehari-hari. perlu dukungan masyarakat untuk pembangunan-pembangunan seperti ini dapat segera merata dirasakan ditiap-tiap kampung yang ada di Kutai Barat. “saya mengaharapkan dengan diresmikan sarana serta prasarana ini, masyarakat dapat mempergunakannya dengan baik serta dapat memelihara dan menjaga menjaga nilai fungsi dari sarana dan prasarana yang telah dibangun ini, “ pintanya

Sementara Faustinus.Syadirahman, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung ( DPMK ) Kabupaten Kutai Barat menambahkan, yang mendasari pelaksanaan kegiatan kita pada hari ini bahwa nilai-nilai Gotong Royong yang tumbuh dan berkembang dalam setiap aspek kehidupan masyarakat merupakan bagian dari sistem nilai Budaya Bangsa. Maka dari pada itu perlu dan wajid di kembangkan dan di lestarikan secara berdaya guna memperkuat, mempererat kerjasama dan kebersamaan di dalam membangun kehidupan sosial masyarakat di kampung serta memperkokoh Negara Kesatuan Republik Indonesia. “Intinya kegiatan ini adalah untuk membangun kerjasama Masyarakat dalam berbagai bidang pembangunan yang di arahkan pada penguatan persatuan dan kesatuan masyarakat dalam pembangunan untuk mencapai suatu kemajuan yang di rasakan bersama bagi seluruh element masyarakat yang ada di Kabuapten Kutai Barat,“pungkasnya.*

Penulis: Ichal

Editor: pena1

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here